News Trend

Ipsos Rilis Global Trends Report 2024

Di Indonesia, 94% responden memprioritaskan tradisi sebagai nilai inti masyarakat, persentase tertinggi di kawasan ini. Berbagai brand lokal telah berhasil memanfaatkan tren ini dengan menggabungkan warisan budaya dengan strategi kontemporer untuk menjangkau audiens yang beragam.

Brand Indomie salah satunya, mengajak khalayak bernostalgia dengan me-remake konten-konten iklan lawasnya, termasuk mengangkat kembali lirik lagu yang ikonik “Dari Sabang sampai Merauke, Dari Timor sampai ke Talaud. Indonesia Tanah Airku, Indomie seleraku.” Cara Indomie mengajak konsumen bernostalgia yang dikemas melalui event aktivasi sebagai strategi marketing, ternyata ampuh untuk menciptakan pengalaman (experiences) ‘masa lalu’ di benak konsumen dan ujung-ujungnya mampu mendongkrak penjualan.

Strategi serupa juga dilakukan Garuda Indonesia dan Mayasari Bakti. “Sebagai brand lokal, mereka memanfaatkan tren ini, menggabungkan warisan budaya dengan strategi kontemporer agar brandnya semakin dekat dan terus ada di benak konsumen,” papar Andi lagi.

Sementara ketiga adalah tren konvergensi iklim (climate convergence). Terkait dengan perubahan iklim, 73% responden APAC menyatakan bahwa mereka sudah mengambil langkah untuk melindungi lingkungan.

Sentimen ini sangat kuat di Indonesia, di mana 91% konsumen mengaku telah aktif terlibat. Selain itu, sejumlah brand di Indonesia berkontribusi melalui solusi kemasan berkelanjutan dan menyelaraskan inisiatif mereka dengan target pemerintah untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060. ()

Page: 1 2Lihat Semua

Wawan Setiawan

Recent Posts

Indosat Raih Penghargaan Best Digital Transformation World Communication Award 2024

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Steve Saerang saat menerima award Best Digital Transformation di ajang…

16 hours ago

Ingram Micro Luncurkan Solusi Transformartif “Xvantage”

MIX.co.id - Ingram Micro Indonesia resmi merilis Ingram Micro Xvantage, pada hari ini (11/12), di…

17 hours ago

Sharp Targetkan 1.000 Unit Smartphone Flagship Aquos R9 untuk Pasar Indonesia

MIX.co.id - Sharp Indonesia kembali merilis smartphone flagship terbarunya, Aquos R9, pada hari ini (11/12),…

18 hours ago

Kredit Pintar Revitalisasi Fasilitas Sekolah di Bali

MIX.co.id - Platform fintech lending Kredit Pintar berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam dunia pendidikan di…

19 hours ago

Sambut Musim Liburan, Vietjet Gelar Flash Sale Akhir Tahun

MIX.co.id - Vietjet kembali menegaskan komitmennya untuk menyediakan penerbangan berkualitas dan terjangkau bagi para wisatawan…

19 hours ago

Merger XL Axiata dan Smartfren Hadirkan Entitas “XLSmart”

MIX.co.id - PT XL Axiata Tbk., PT Smartfren Telecom Tbk., dan PT Smart Telcom (SmartTel)…

1 day ago