Ipsos Rilis Survei Terbaru Layanan Pengiriman E-commerce

MIX.co.id – Hasil survei terbaru Ipsos tentang persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce terungkap bahwa Tokopedia memiliki layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap.

Mayoritas responden (52%) mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Peringkat kedua diduduki Shopee (45%), lalu Lazada 43%, OLX 40%, dan Bukalapak diurutan kelima sebesar 30%.

Tidak hanya itu. Tokopedia juga mengungguli e-commerce lain dalam hal variasi layanan pengiriman dan fitur pelacakan (tracking).

Sebanyak 33% responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati Shopee (28%), disusul Lazada (26%), Blibli (25%), dan OLX (20%).

Sedangkan pada fitur pelacakan (tracking): 29% responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Disusul Shopee 18%, Lazada 16%, serta Bukalapak dan Blibli yang masing-masing meraih persentase 11%.

Menurut Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia, layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen.

“Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lainnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi pada Rabu (20/4), di Jakarta. Ipsos merupakan perusahaan riset pasar terbesar ketiga di dunia, yang telah hadir di lebih dari 90 negara.

Survei dilakukan secara online pada 12-21 Januari 2022, melibatkan 1.051 responden pengguna layanan digital berusia 18 tahun ke atas yang merupakan pengguna internet secara regular (minimal akses internet 2 jam dalam sehari) yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Kriteria responden berdasarkan pada usia, jenis kelamin, dan status pernikahan, pekerjaan, pendidikan, dan status ekonomi digunakan untuk memastikan bahwa sampel tersebut mencakup distribusi populasi secara keseluruhan.

Hal penting lain di samping layanan pengiriman adalah kualitas produk. Ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk yang dibeli, maka ia akan berpotensi beralih kepada pilihan toko online lainnya. Oleh karena itu, penting bagi platform e-commerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia.

Dari data riset diketahui bahwa mayoritas konsumen (74%) menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63%, lalu Bukalapak 50%, dan OLX 40%.

Lebih lanjut, pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54%) paling populer di kalangan pengguna e-commerce. Lazada menempati posisi kedua dengan 41%, disusul Tokopedia 40%, Bukalapak 21%, dan Blibli 29%. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)