IPSOS Rilis Temuan Riset ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce’

MIX.co.id – Shopee menjadi pilihan pertama (62%) untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).

Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.

Demikian hasil riset IPSOS, perusahaan riset pasar dan jajak pendapat, bertajuk ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce.’

Riset melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce. Pada riset IPSOS yang dilakukan melalui metode Online Panel, ditemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online.

Indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman belanja online dari hulu ke hilir.

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengungkapkan, seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam.

“Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut,” ujarnya dalam pemaparan hasil riset kepada media yang berlangsung secara daring, Kamis (20/6).

Terdapat berbagai aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online, di antaranya pilihan metode pembayaran, COD, ketersediaan toko resmi yang beragam, pilihan barang dengan harga murah, pilihan layan pengiriman, kecepatan pengiriman, kompensasi keterlambatan pengiriman, hingga aspek pengembalian barang.

Terkait dengan metode pembayaran, riset menemukan bahwa 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

Sejalan dengan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD) di mana Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66%, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada sebesar 12%, dan TikTok Shop 10%.

Terkait dengan tersedianya toko resmi yang paling beragam, Shopee meraih porsi tertinggi (68%), disusul Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)