Jalankan Strategi 3P, Asuransi Astra Cetak Kinerja Positif di Q1 2024

MIX.co.id - Asuransi Astra mencetak pendapatan premi bruto senilai Rp 2,53 triliun pada kuartal pertama (Q1) 2024 atau bertumbuh positif sebesar 21% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Inovasi menjadi kunci keberhasilan Asuransi Astra dalam mencapai performa bisnis yang berkelanjutan. Pada tahun 2023, Asuransi Astra memperkenalkan inovasi terbarunya untuk memudahkan pelanggan segmen asuransi kesehatan korporasi dalam mendaftar rawat jalan tanpa perlu antre dan secara cashless melalui fitur Express Appointment pada aplikasi Garda Mobile Medcare. Selain itu, unit mobile clinic juga dapat dimasukkan ke dalam benefit kepesertaan perusahaan, Garda M-Klinik.

Konsistensi dalam melakukan inovasi ini juga merupakan bentuk implementasi penerapan strategi 3P (Portfolio, People, dan Public Contribution), khususnya terkait portfolio. Pada sisi People, Asuransi Astra senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, mendukung keberagaman, dan memfasilitasi karyawan dengan berbagai pelatihan serta sertifikasi tenaga ahli.

Selanjutnya, pada sisi Public Contribution, Asuransi Astra konsisten melakukan berbagai aksi nyata untuk membantu terwujudnya tujuan pembangunan berkelaniutan PBB, khususnya yang terkait dengan pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan income generating activity.

Dari segi kredibilitas, Asuransi Astra dianggap unggul dan mendapatkan pengakuan global atas kinerjanya. Asuransi Astra telah memperkuat kredibilitas dan reputasi perusahaan, berhasil mempertahankan rating Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating "a" (Excellent) dari lembaga pemeringkat asuransi internasional AM Best.

Tidak hanya itu, pada tahun ini, AM Best juga menetapkan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.lD (Exceptional) kepada Asuransi Astra dengan outlook stable. Rating ini mencerminkan pengakuan internasional atas kekuatan keuangan dan kemampuan Asuransi Astra yang excellent dalam memenuhi seluruh kewaiiban perusahaan khususnya kepada pelanggan. Hingga saat ini, peringkat A- (Excellent) merupakan peringkat skala internasional yang tertinggi bagi Asuransi Umum di Indonesia. "Peringkat ini juga makin memperkuat trust masyarakat terhadap Asuransi Astra," ungkap President Director Asuransi Astra Christopher Pangestu.

Dalam bisnis asuransi, lanjutnya, penting bagi perusahaan untuk memiliki nilai tambah tersendiri yang mampu menjadikan kita merek pilihan pelanggan, apapun kebutuhan perlindungannya. "Kami patut bersyukur memiliki pelanggan yang dengan terus memberikan masukan, yang pada akhirnya masukan tersebutlah yang menjadi cikal bakal dari inovasi yang kami perkenalkan selama ini. Dengan demikian, setiap output dari inovasi yang kami perkenalkan bukan menjadi sekedar nilai tambah, namun nilai tambah yang benar-benar menjawab kebutuhan pelanggan. Bagi kami, kepercayaan pelanggan adalah hal yang penting, karena tanpa pelanggan, tidak mungkin bisnis kami dapat berialan," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)