Jasa Raharja Berikan Pelatihan Penanganan Gawat Darurat dan P3K kepada Tour Guide  

MIX.co.id - Kesiapan tour guide dan pelaku pariwisata dalam penanganan kondisi kegawatdaruratan bagi wisatawan menjadi kunci memelihara reputasi dari destinasi Wisata, termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo sebagai objek wisata.

Oleh karena itu, Jasa Raharja menggelar Pelatihan Penanganan Gawat Darurat dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bagi kalangan tour guide dan pelaku pariwisata di Labuan Bajo. Pelatihan yang diikuti oleh 125 peserta itu telah digelar di Aula Gereja Paroki Bunda Segala Bangsa, Wae Kusambi, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada akhir Oktober lalu.

Diungkapkan Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang, pelatihan tersebut digelar guna memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait penanganan kondisi kegawatdaruratan bagi wisatawan. “Hal ini menjadi penting dalam menjaga reputasi KSPN Labuan Bajo sebagai objek wisata yang aman dan nyaman. “Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan aspek penyelenggaraan pariwisata yang berkeselamatan,” ujarnya.

Pelatihan Gawat Darurat dan P3K difokuskan pada kalangan tour guide dan pelaku wisata, seperti asosiasi angkutan wisata dan travel. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan awal dalam penanganan kondisi gawat darurat yang melibatkan wisatawan saat berkunjung di Labuan Bajo. “Dengan demikian, aspek keselamatan menjadi hal utama saat berwisata di Labuan Bajo,” ujar Munadi.

Sebagai bagian dari KSPN dengan status Destinasi Wisata Super Prioritas, Labuan Bajo menghadirkan berbagai daya tarik bagi kalangan wisatawan untuk berkunjung. “Dengan didominasi wisata bahari dan gugusan pulau, serta aksesibilitas menggunakan moda transportasi laut, menjadikan Labuan Bajo destinasi yang memerlukan perhatian dari aspek perlindungan keselamatan, khususnya penumpang kapal,” ucapnya.

Pelatihan Gawat Darurat dan P3K ini mendapat apresiasi dari Ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Labuan Bajo Sebastian. Dia menyampaikan terima kasih kepada Jasa Raharja yang telah menfasilitasi terlaksananya kegiatan ini. “Ini akan menjadi bekal awal bagi kami, kalangan tour guide, dalam memitigasi risiko dan melakukan tindakan-tindakan penanganan awal ketika tamu mengalami kecelakaan atau musibah-musibah lain yang berkaitan dengan kesehatannya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)