JD.ID Buka Gerai Offline ke-5 di AEON Mall Sentul City

 

MIX.co.id - Di tengah pandemi, platform eCommerce JD.ID justru tercatat masif membuka gerai fisiknya atau gerai offline-nya di Indonesia. Mulai tahun ini, sudah ada gerai fisik JD.ID yang sudah dibuka di wilayah Jabodetabek. Paling anyar, hari ini (14/9), JD.ID resmi membuka gerai offline kelimanya, JD.ID Electronic Store, di AEON Mall Sentul City, Bogor.

“Pada hari ini, JD.ID dengan bangga membuka gerai offline ke-5. Ini membuktikan komitmen kami untuk senantiasa melayani para pelanggan secara prima, dengan menawarkan berbagai opsi platform belanja. Kami berharap melalui peresmian JD.ID Electronic Store ini, JD.ID dapat menyapa konsumen secara lebih dekat, terutama menghadirkan kemudahan serta kebebasan bagi  konsumen dalam memilih platform belanja yang paling sesuai dengan kebutuhannya,” papar Zhang Li, Chief Executive Officer (CEO) JD.ID, pada pembukaan JD.ID Electronic Store di AEON Mall Sentul City.

Berdiri di atas lahan 1.200 meter persegi, JD.ID Electronic Store menjual beragam produk kebutuhan konsumen, antara lain smartphone, gadget, laptop, hingga produk home appliance, home living, dan furniture. Selain memiliki display area, JD.ID Electronic Store juga menghadirkan experience area untuk seluruh konsumen, seperti area Gaming, Smart Living, Kitchen, Bedroom, dan fasilitas center of activity yang dapat digunakan untuk berbagai acara JD.ID.

Ditambahkan Sandy Permadi, Chief Financial Officer JD.ID, JD.ID Eletronic Store ini merupakan gerai elektronik pertama JD.ID serta gerai offline kelima JD.ID. “Empat gerai offline sebelumnya yang hadir di tahun ini adalah tiga gerai JD Hub yang ada di kawasan Karet Kuningan, Gandaria, dan The Element Apartement Kuningan, Jakarta; serta satu gerai  JD.ID X yang ada di PIK Avenue. JD Hub adalah gerai ritel offline berkonsep mini market yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Sementara JD.ID X adalah gerai offline pertama JD.ID yang mengusung konsep cash-less, sehingga pengunjung tak memerlukan uang tunai untuk bertransaksi,” paparnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, keputusan JD.ID untuk membuka gerai offline-nya di masa pandemi bukan tanpa alasan. Merujuk hasil riset yang dilakukan oleh MarkPlus Inc. dengan topik “Perilaku Konsumen E-commerce Pada Tahun 2021”, penjualan produk elektronik pada platform e-commerce mengalami peningkatan secara signifikan selama masa pandemi.

“Di JD.ID, produk elektronik menjadi produk yang sangat dominan, karena kami punya unique selling proposition ‘Dijamin ORI’. Selain itu, dibutuhkan trust dalam membeli produk elektronik. Oleh karena itu, kami membuka JD.ID Electronic Store untuk memperkuat trust. Kami optimis, ke depan, kondisi akan segera membaik. Dengan demikian, begitu kondisi membaik, kami sudah siap dengan gerai offline ini,” urai Sandy, yang menyebutkan bahwa dipilihnya kawasan Sentul, karena di area itu perkembangnya pesat dan penuh hunian maupun apartemen.

JD.ID Electronic Store hadir di AEON Mall Sentul City dengan mengusung konsep O2O (online-to-offline) dengan pilihan produk yang lengkap, berkualitas, dan #DijaminOri. Dengan konsep ini, konsumen dapat melihat-lihat dan merasakan langsung produk yang ingin dibelinya. Adapun transaksi dapat dilakukan di gerai offline atau melalui platform eCommerce JD.ID. Sebaliknya, untuk konsumen yang sudah melihat-lihat produk elektronik melalui platform eCommerce serta bertransaski di sana, maka mereka dapat memilih dikirim produknya atau mengambil produknya langsung di gerai offline JD.ID Electronic Store.

Sementara itu, dikatakan Irwan Nusyirwan, Director of 3C Business Unit JD.ID, JD.ID Electronic Store ini juga terkoneksi dengan  fitur Nearby Shops yang ada di platform eCommerce JD.ID.  Fitur ini memberikan akses bagi para pelanggan yang berada di area sekitar lokasi untuk berbelanja kebutuhan produk elektronik, dari rumah masing-masing, sekaligus menciptakan traffic customer dari online ke offline atau sebaliknya.

“Pada kesempatan ini, kami juga hendak mengundang para tenant lain di AEON Mall Sentul City untuk bergabung dalam ekosistem Nearby Shops JD.ID. Bersinergi bersama kami untuk berikan opsi belanja yang lebih mudah dan lengkap,” harap Irwan.

Diakui Sandy, sejak 2018, JD.ID secara konsisten berinovasi untuk dapat menyediakan platform belanja yang bersifat omni-channel, dengan mengkombinasikan dua saluran bisnis berbeda, yakni  online dan offline. Setelah membuka gerai O2O pertamanya pada Agustus 2018, JD.ID terus menunjukkan komitmen yang berkelanjutan untuk meningkatkan penetrasi pasar melalui strategi O2O.

Oleh karena itu, hingga akhir 2021 ini, diungkapkan Sandy, JD.ID masih akan membuka 5-6 gerai offline-nya di Jabodetabek. Totalnya, hingga akhir 2021 ini, gerai offline JD.ID akan mencapai 10-11 gerai. “November nanti misalnya, kami akan membuka gerai offline kedua JD.ID Electronic Store di AEON Tanjung Barat, Jakarta. Tahun depan, baru kami akan membuka gerai offline di luar Jabodetabek,” patoknya.

Dalam rangkaian pembukaan gerai offline JD.ID Electronic Store di AEON Mall Sentul City, JD.ID menghadirkan program promo sepanjang 14-20 September 2021. Beragam promo tersebut antara lain special price, bunding promo, free gift, cicilan nol persen, serta cahs back hingga Rp 500 ribu. Bahkan, untuk pengguna baru yang baru pertama kali membuat akun di platform eCommerce JD.ID, mereka juga akan akan mendapatkan hadiah langsung.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)