Menjelang perhelatan akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20, Tata Motors, perusahaan otomotif asal India, meresmikan kehadirannya di Indonesia (11/9). Melalui anak usahanya, PT Tata Motors Indonesia, otomotif yang berdiri sejak tahun 1945 itu siap bertarung dengan brand otomotif lainnya.
ATPM Kendaraan asal India, Tata Motors resmi hadir di Indonesia, Rabu (11/9) melalui anak usahanya PT Tata Motors Indonesia.
Kehadiran Tata Motors tak lepas dari kenyataan bahwa Indonesia adalah pasar terbesar otomotif di Asia Tenggara. Karl Slym, Managing Director Tata Motors, mengatakan, "Kami sangat gembira dan merasa terhormat bisa hadir di Indonesia. Seperti di negara lain, kami juga akan beroperasi sebagai sebuah perusahaan di Indonesia, serta berkontribusi pada masyarakat di mana kami berada."
Sebelumnya, produk Tata Motors telah direspon positif oleh pasar dunia. Sebut saja untuk kategori produk truk dan bus, Tata Motors sanggup menempati posisi empat besar dunia. Di India sendiri, Tata Motors merupakan market leader. Sementara pendapatannya di 2011-2012 menembus US$ 32,5 miliar.
Demi menggarap pasar otomotif di Tanah Air, sejumlah rencana siap dijalankan. Biswadev Sengupta, President Director PT Tata Motors Indonesia, mengungkapkan, "Riset kami menunjukkan bahwa ada peluang besar bagi kendaraan Tata Motors Indonesia, dengan kondisi operasional dan kebutuhan konsumen yang mirip dengan konsumen kami di India dan seluruh dunia. Kami sangat yakin akan mampu menyediakan solusi mobilitas yang cerdas bagi Indonesia. Saat ini, kami akan fokus membangun jaringan layanan dan suku cadang yang kuat."
Dalam waktu dekat, Tata Motors Indonesia bakal meluncurkan produk kendaraannya saat telah memiliki sekitar 10-15 dealer resmi di seluruh Indonesia, yang akan melayani penjualan, servis, dan suku cadang. Dalam kurun tiga tahun, Tata Motors akan menargetkan membuka 60 dealer 3S (sales, service, spareparts), 100 bengkel, dan lebih dari 300 toko suku cadang.
Tata Motors juga berencana untuk menghadirkan basis manufaktur di Indonesia untuk melayani negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Investasi yang signifikan juga akan dialokasikan untuk penyediaan berbagai komponen.
"Tata Motors akan berpartisipasi dalam Indonesia International Motor Show di Jakarta pada 20 September ini. Kami akan memamerkan 14 kendaraan penumpang dan komersial Tata sebagai bagian dari perkenalan secara progresif pada pasar di Indonesia. Pameran ini juga akan menampilkan paviliun hijau khusus kendaraan-kendaraan Tata CNG, yang sedang dibutuhkan di Indonesia," tutupnya.