Jumlah Domain Tembus 299 Juta, Nama Domain Website Menjadi Lebih Deskriptif

domain ok

Pertumbuhan nama domain menunjukkan bahwa perusahaan sudah menyadari akan pentingnya website atau portal sebagai salah satu tools berkomunikasi dengan publik maupun target market. Tren pertumbuhan nama domain terjadi juga pada kuartal tiga (Q3) 2015.

Merujuk data yang dirilis VeriSign, Inc., jumlah nama domain di internet telah bertambah sekitar 3,1 juta selama kuartal ketiga di tahun 2015. Itu artinya, terjadi peningkatan sebesar 1,1 persen jika dibandingkan Q2 2015. Dengan demikian, total nama domain yang terdaftar mencapai 299 juta dari seluruh domain tingkat atas/top-level domains (TLDs) per 30 September 2015 berdasarkan data dari Domain Name Industry Brief.

Sampai dengan 30 September 2015, nama domain berbasis .com mencapai 120,1 juta nama, sedangkan untuk .net mencapai 15,1 juta nama. Pada Q3 2015, Verisign memproses sebanyak 9,2 juta pendaftaran nama domain baru untuk .com dan .net. Angka itu menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan 8,7 juta nama domain yang terdaftar untuk periode yang sama pada tahun 2014.

Sementara itu, sepanjang Q3 2015, rata-rata permintaan harian Domain Name System (DNS) Verisign mencapai sekitar 120 juta permintaan di seluruh TLDs yang dioperasikan Verisign, dengan angka tertinggi hampir mencapai 593 juta. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata permintaan harian meningkat 8 persen dengan peningkatan paling tinggi sebanyak 225,3 persen. Setiap tahunnya, jumlah permintaan harian bertambah sebesar 4,8 persen dengan angka peningkatan tertinggi sebesar 86,4 persen.

Data pada Domain Name Industry Brief juga menyoroti hasil penelitian yang dilakukan analis Verisign tentang bagaimana memanfaatkan tren pendaftaran domain untuk menemukan nama domain yang baik. Hasilnya, nama domain telah beralih dari yang sangat singkat menjadi lebih deskriptif dan mengandung kata kunci.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)