Aplikasi video singkat Snapchat yang mengumumkan penggunanya bertambah tiga kali lipat dalam enam bulan terakhir menjadi 6 miliar user.
Setelah sebelumnya Facebook melaporkan jumlah penonton video miliknya naik dua kali lipat dari 4 miliar ke 8 miliar orang pada April lalu, kini giliran aplikasi video singkat Snapchat yang mengumumkan penggunanya bertambah tiga kali lipat dalam enam bulan terakhir menjadi 6 miliar user.
Angka penonton Snapchat tersebut terus merangkak naik hingga mendekati jumlah pengguna video Facebook. Pengguna aplikasi layanan pengiriman pesan video singkat tersebut memang menjadi pesaing utama merebut pengguna video.
Secara karateristik, jumlah penonton video Facebook tersebut berasal dari pengguna desktop dan mobile, sementara jumlah penonton Snapchat seluruhnya berasal dari perangkat mobile.
CEO Snapchat, Evan Spiegel, pada Mei lalu, mengatakan bahwa Snapchat berencana untuk melalukan Initial Public Offering (IPO), namun belum menentukan kapan hal itu akan terjadi. Pada 2013, Snapchat sendiri diketahui menolak tawaran 3 miliar dolar AS dari Facebook untuk mengakuisisi perusahaan.
Seperti dikutip reporter MIX dari Reuters pada Senin, (9/11/2015), Snapchat terus melakukan inovasi untuk meningkatkan jumlah penggunanya, salah satunya dengan fitur musik. Label musik yang bergabung sebagai salah satu mitra yakni major label Warner Music Group, dalam peluncuran fitur aplikasi Snapchat Discover di mana Madonna juga meluncurkan video musik terbarunya dalam aplikasi tersebut.
Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan musik pada smartphone mereka sebagai soundtrack untuk video mereka. “Sekarang di ponsel Anda, musik tidak dibedakan, sehingga Anda dapat mencari lagu dan memainkannya pada empat dari lima tempat yang berbeda, tidak hanya dengan biaya yang hampir sama, tetapi juga frekuensi yang tinggi,” katanya