MIX.co.id - JX Indonesia, JD.ID, dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang berkolaborasi menggelar program edukasi dan pelatihan bertajuk “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil”.
Program edukasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) digelar pada akhir September ini (28/9), di Hotel Puri Kayana, Serang. Progam ini sukses mengajak 50 pelaku UMKM di Kota Serang dan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi UMKM Kota Serang Drs. Wasis Dewanto, M.Pd, M.Si.
Dituturkan Wasis Dewanto, Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi UMKM Kota Serang, “Kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha, terutama UMKM Kota Serang, agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce.”
Dia berharap rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan dan informasi yang diperoleh melalui program edukasi tersebut pada keseharian mereka serta dapat membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lainnya. “Dengan demikian, UMKM yang berada di Kota Serang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat,” ujarnya.
Adhika Yosmik, Head of Marketing JX Indonesia, menerangkan, “Selayaknya mitra kerja, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik ‘hulu ke hilir’ bagi rekan usaha-nya, tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Serang. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin.”
Ditambahkan Charlie, Head of Sales JX Indonesia, cash on delivery (COD) adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan. Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70% konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. “Kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller, dan pelanggan, merasakan kepuasan, dan manfaat dari belanja online,” ucapnya.
Rurri Ramadhan, Marketplace Training and Development Specialist JD.ID, menegaskan, “Melalui program ini, kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia, khususnya Kota Serang, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami ‘naik level’. Di JD.ID barang-nya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah.”
Dikatakan Andrawan Diponugroho, Social Commerce Business Development Specialist JD.ID, “Di JD.ID, tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekadar ingin dapat penghasilan tambahan, tanpa perlu kumpul modal. JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi.”
Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80%, diskon khusus dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang, sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing. “Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi,” ungkapnya.