Kamadjaja Logistics Perkenalkan Solusi Teknologi Berbasis Cloud Microsoft

MIX.co.id - Demi menjaga kualitas layanan secara konsisten, penyedia solusi logistik terintegrasi, Kamadjaja Logistics, memutuskan untuk melakukan transformasi digital, antara lain dengan menyusun sistem kegiatan operasional yang terintegrasi dengan solusi teknologi berbasis cloud Microsoft.

Dijelaskan Ivan Kamadjaja, CEO PT Kamadjaja Logistics, dalam siaran pers yang diterima MIX, “Dalam mengelola bisnis logistik, ada berlapis-lapis tahapan yang perlu dilalui. Mulai dari mengolah data logistik pelanggan yang tersebar di berbagai macam kota, memastikan proses inventori dan distribusi berjalan lancar, hingga mengelola begitu banyak transaksi keuangan. Semua ini dilakukan demi memastikan barang dapat sampai ke tangan konsumen dengan aman dan tepat waktu.”

Lebih jauh ia menerangkan, salah satu strategi utama Kamadjaja Logistics untuk menciptakan kegiatan operasional yang sistematis dan terintegrasi adalah dengan mendigitalisasi proses bisnisnya. Tidak hanya untuk efektivitas kerja, tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional. Sebab, efisiensi biaya operasional dapat ikut meringankan biaya yang nantinya dibebankan kepada pelanggan.

“Teknologi juga mendorong perubahan dalam cara kerja organisasi. Saat ini, pelanggan menginginkan layanan yang simple, seamless, dan personalize. Untuk itu, transformasi digital bisnis yang dapat menjawab kebutuhan ini memainkan peranan yang sangat penting,” yakin Ivan.

Dalam melakukan transformasi digital, Kamadjaja Logistics membaginya ke dalam lima tahap utama. Pertama, efisiensi tugas untuk penyelesaian tugas individu melalui konektivitas mendasar dan komunikasi yang lebih efisien. Kedua, efisiensi fungsional dengan memaksimalkan automasi dan kolaborasi kerja. Ketiga, efisiensi sistem yang berfokus pada digitalisasi fungsi sistem inti melalui Cloud, sehingga sistem kerja lebih agile dalam menghadapi perubahan. Keempat, efisiensi dan ketangkasan organisasi, di mana aplikasi perusahaan dimigrasikan ke Cloud dan semua sistem terintegrasi secara efektif. Kelima, efisiensi dan ketahanan ekosistem agar mampu merespons perubahan pasar dan tuntutan operasional perusahaan secara cepat, serta mendukung koordinasi otomatis dan lintas sektor antar pemangku kepentingan.

“Melalui tahapan-tahapan tersebut, kami menjadi lebih fokus dengan tindak lanjut yang harus kami ambil. Beberapa transformasi yang berhasil kami lakukan hingga saat ini misalnya, bagaimana pencatatan transaksi bisnis dari puluhan atau ratusan lokasi, kini bisa terintegrasi langsung dengan Microsoft Dynamics 365 Finance and Operations. Dengan demikian, data dapat ter-update secara realtime,” lanjutnya.

Kemudian, pengajuan dan persetujuan biaya bisa dilakukan secara sederhana melalui mobile application yang dibuat melalui PowerApps, sehingga meningkatkan kecepatan proses kerja hingga 3x lipat. “Selain itu, proses analisis data antar departemen bisa dilakukan lebih cepat berkat sentralisasi data serta fitur AI Power BI,” ucap Ivan, yang mengaku berkat digitalisasi, Kamadjaja Logistics sukses untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Ditambahkan Vony Tjiu, Corporate Commercial Director Microsoft Indonesia, “Transformasi yang terjadi di Kamadjaja Logistics menjadi sebuah contoh nyata bagaimana pandemi secara tidak langsung telah mempercepat transformasi digital perusahaan. Artinya, transformasi tersebut perlu disiapkan dari sekarang, dengan tahapan yang jelas agar prosesnya efektif. Arahan dari pemimpin dan keterampilan digital pun memainkan peranan penting di sini. Di Microsoft, kami siap membantu setiap individu dan setiap organisasi di dunia untuk mencapai lebih banyak hal.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)