Jelang Ramadhan tahun ini, hampir semua brand di pasar home appliances melempar produk barunya. Terutama, produk lemari es dan mesin cuci, yang notabene berada di peak season saat memasuki masa Ramadhan dan Lebaran. Hal itu cukup dimaklumi, lantaran THR (Tunjangan Hari Raya) telah memicu daya beli konsumen di masa festive Ramadhan menjadi lebih tinggi dari periode lainnya.
Hal yang sama dilakukan oleh Panasonic. Awal Juni ini, Panasonic meluncurkan Kulkas Panasonic Multi-Door Refrigerator NR-F681GT dan mesin cuci Panasonic Front-Loading Washer Dryer NA-D106X1. Dua produk alat rumah tangga itu diimpor langsung dari Jepang. Dengan dua produk baru tersebut, Panasonic Gobel Indonesia mematok pertumbuhan double digit hingga akhir tahun 2016 ini.
Diungkapkan Hiroyoshi Suga, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, ”Dalam mempertahankan posisi strategisnya, Panasonic terus mengembangkan teknologi yang ada dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik kepada setiap konsumennya. Antara lain, dengan meluncurkan dua produk baru ini."
Dalam pengembangan teknologi manufaktur pada produk-produknya, ditambahkan Hiroyoshi, Panasonic selalu menghadirkan DNA desain tradisional Jepang dan menciptakan produk yang selaras dengan kondisi di setiap negara dan budaya, sehingga menjadi suatu gaya hidup yang istimewa di seluruh dunia.
Pada Kulkas Panasonic Multi-Door Refrigerator NR-F681GT, Panasonic menghadirkan -3° C Prime Fresh, dimana teknologi pembekuannya mampu membuat makanan yang disimpan tetap segar dan lezat hingga seminggu. Sementara itu, teknologi tinggi Nanoe untuk memastikan tidak berkembangnya bakteri jahat dan menjaga keseragaran udara di dalam kulkas. Adapun teknologi khusus U-Vacua, katanya, untuk menciptakan kulkas dengan kapasitas penyimpanan yang besar (711L) dengan dimensi luar kulkas yang terlihat slim.
Selanjutnya, mesin cuci Front-Loading Washer Dryer NA-D106X1 hadir dengan Active Foam Sistem untuk meningkatkan performa pencucian dengan busa super padat dan halus sehungga dapat mengangkat endapan kotoran terkecil di serat-serat pakaian, bahkan noda hanya dalam waktu 34 menit. Panasonic juga menghadirkan mesin cuci NA-D106X1dengan desain minimalis nan elegan dengan mengusung tombol touch screen, fungsi pengeringan 100%, dan pedestal yang tinggi untuk kenyamanan penggunaan tanpa perlu membungkuk.
Demi mensukseskan peluncuran produk terbaru kulkas Panasonic Multi-Door Refrigerator NR-F681GT dan mesin cuci Panasonic Front-Loading Washer Dryer NA-D106X1, Panasonic juga memperkenalkan kampanye EcoMom. Kampanye tersebut merupakan program marketing dalam mewakili target market pengguna produk Panasonic, di antaranya kulkas, mesin cuci, air purifier, dan cooking appliances.
Untuk mewakili EcoMom di seluruh Indonesia, Panasonic telah menunjuk Nadya Hutagalung sebagai brand ambassador guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap efisiensi penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari. "EcoMom diluncurkan sebagai perwujudan komitmen Panasonic dalam memberikan kebahagiaan dalam hidup serta indahnya dunia atau A Better Life, A Better World," imbuhnya.
Dituturkan Associate Director Panasonic Gobel Indonesia Achmad Razaki, saat ini kondisi pasar produk home appliance mengalami masa-masa sulit. Sebab, pertumbuhan pasar Indonesia melambat. "Meski demikian, di tengah pasar yang lesu, penjualan kami di Indonesia berhasil mencapai angka tertinggi di Asia Pasifik pada 2015. ’Hal itu menunjukkan bahwa pasar Indonesia masih sangat potensial,’’ tandasnya.