Kampanye #PerempuanBermakna dari Asuransi Astra Raih Penghargaan Internasional

MIX.co.id - Asuransi Astra mengkomunikasikan makna peran seorang perempuan melalui rangkaian kegiatan kampanye kehumasan #PerempuanBermakna. Hasilnya, kampanye tersebut tidak hanya memberikan dampak positif bagi berbagai pihak, tetapi juga mendapatkan pengakuan internasional atas efektivitas kampanye dan dampak yang diberikan.

Melalui pengukuran AMEC Framework pada AMEC Awards 2024, kampanye #PerempuanBermakna dari Asuransi Astra meraih kategori Best First Steps on A Measurement Journey Predikat Bronze yang diselenggarakan oleh organisasi AMEC (International Association for the Measurement and Evaluation of Communication). Acara penerimaan penghargaan dilakukan di Churchill House, Westminster, London, pada 7 November 2024.

AMEC Awards 2024 adalah ajang penghargaan tahunan yang sudah 22 tahun diselenggarakan, bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap program-program komunikasi terbaik dunia yang telah dijalankan oleh seluruh communication professionals atau tim komunikasi dari semua perusahaan di dunia.

Penilaian penghargaan meliputi perencanaan program yang dihubungkan dengan tujuan, target, dan KPI yang jelas dan terukur (SMART) sesuai dengan tantangan organisasi, pengukuran dan evaluasi program komunikasi harus berdampak untuk menunjukkan bagaimana perusahaan telah mencapai tujuan, memberikan kontribusi nyata bagi organisasi, memiliki dampak terhadap target audiens, serta menggunakan kerangka kerja program komunikasi yang terpadu mengacu kepada standar pengukuran dan evaluasi global AMEC yang sejalan dengan Prinsip Barcelona 2.0.

Asuransi Astra konsisten tak hanya berusaha menjawab kebutuhan pelanggan melalui peningkatan produk dan layanan, namun juga memberikan kontribusi nyata melalui aksi sosial yang mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah perempuan.

Asuransi Astra memercayai bahwa setiap harinya kita berjumpa dengan perempuan yang memainkan berbagai peran berbeda namun tetap menjadi “decision maker” yang bijaksana untuk dirinya serta keluarga. Berangkat dari hal tersebut, sekaligus menyambut Hari Perempuan Sedunia Internasional, Asuransi Astra menyuarakan kampanye #PerempuanBermakna selama bulan Maret 2023. Kampanye itu didasarkan pada arahan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang menjadikan perempuan sebagai salah satu sasaran prioritas dalam arah strategis literasi keuangan sekaligus mendukung terwujudnya SDGs poin 5 "Kesetaraan Gender".

Kampanye #PerempuanBermakna dirangkai dengan beragam kegiatan untuk publik dan pelanggan, seperti acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) #PerempuanBermakna, Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara & Pemeriksaan USG Payudara di Kampung Berseri Asuransi Astra Pela Mampang, Jakarta Selatan bekerja sama dengan Lovepink, hingga webinar Pengelolaan Keuangan untuk Perempuan Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) melalui program LENTERA (Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra) yang berkolaborasi bersama ngeLESin.

Melalui kampanye #PerempuanBermakna, Asuransi Astra memastikan seluruh karyawan, khususnya karyawan perempuan, untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengambil keputusan melalui rangkaian Wellbeing Program, yakni Wellbeing Talk Growth Mindset for SHEroes bersama Wanda Ponika dan SHEroes Workshop. Kampanye juga menghadirkan photo challenge di media sosial dan edukasi berupa funfact serta informasi mengenai perempuan dan seputar keuangan.

Sebagai wujud dukungan penuh perusahaan akan kampanye kehumasan itu, Asuransi Astra membagikan safety kit agar tetap aman dan nyaman saat berkendara bagi para pelanggan perempuan yang membeli dan melakukan pembaruan polis asuransi Garda Oto.

Tidak hanya itu, Asuransi Astra melanjutkan langkahnya dalam mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa, melalui kampanye kehumasan #LangkahSederhana pada tahun 2024. Kampanye itu mendukung terwujudnya Astra 2030 Sustainability Aspirations dan ESGs yang meliputi poin 5 “Kesetaraan Gender”, poin 8 “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi”, poin 12 “Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, dan poin 13 “Penanganan Perubahan Iklim”. Berbagai kegiatan diselenggarakan bagi komunitas dan masyarakat hingga karyawan seperti program Donasi Pohon bersama Garda Oto dan Show Your Green Corner photo challenge di media sosial, dan pembagian safety kit agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Sementara itu, guna mendukung akselerasi dan skala implementasi perwujudan keberlanjutan semakin luas lagi, Asuransi Astra melalui program Estafet Peduli Bumi (EPB) telah melaksanakan kolaborasi pentahelix di 14 kota di Indonesia meliputi Medan, Semarang, Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, Sumba, Cianjur, Surabaya, Lombok, Malang, Palangkaraya, Yogyakarta, dan Bogor. Pelaksanaan kegiatan juga mengacu kepada Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) sebagai bentuk komitmen Asuransi dalam membangun bisnis berkelanjutan dan meningkatkan kualitas kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan hidup, serta seluruh pemangku kepentingan. Asuransi Astra juga secara aktif memberikan literasi keuangan ke berbagai segmen masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian bangsa seperti kepada para pelajar, pelaku UMKM hingga penyandang disabilitas, melalui Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA) yang diinisiasi sejak tahun 2023.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari para pelanggan setia, masyarakat, hingga seluruh karyawan Asuransi Astra. Penghargaan ini adalah langkah awal yang membanggakan dalam perjalanan kami, bukti nyata kerja keras dan komitmen tanpa henti menghasilkan kegiatan komunikasi yang berdampak," ungkap Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto.

Lebih jauh ia menegaskan bahwa kerangka AMEC telah menjadi kompas yang menuntun langkah, membentuk strategi komunikasi yang berdampak. Apresiasi ini adalah wujud perbaikan yang terus berlanjut akan melahirkan hasil yang cemerlang. "Ini bukan sekadar pencapaian atau akhir perjalanan Asuransi Astra mewujudkan visi bring peace of minds to millions, melainkan awal babak baru, pijakan untuk terus menciptakan komunikasi yang tak hanya terdengar, tetapi juga menggema dan menginspirasi," tutup Iwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)