Kao Berkolaborasi dengan Kemenkes RI Gelar Program "Anak KAO"

MIX.co.id - Kao Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan  Republik Indonesia (Kemenkes RI) menggelar program edukasi, "Anak Kreatif Aktif Optimis" (KAO). Program yang terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Protokol Kesehatan ini dihadirkan untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Upaya Kesehatan Sekolah.

Program edukasi kali ini menyasar Sekolah Dasar area Jabodetabek terlebih dahulu dengan target usia 6 -12 tahun. Program ini berlangsung pada 25 Oktober 2021 hingga November 2021 mendatang.

Dukungan dari Kementerian Kesehatan ini telah diawali dengan penandatanganan kerja sama secara virtual yang dilakukan oleh drg. Oscar Primadi, MPH selaku Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan RI saat itu dan Masahide Nishida selaku Presiden Direktur PT Kao Indonesia.

Program Anak KAO 2021 bertujuan untuk mengedukasi 3.000 siswa Sekolah Dasar, dan secara berkelanjutan mendorong siswa dan siswi agar lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan melalui PHBS serta menerapkan protokol kesehatan, baik di lingkungan rumah dan sekolah.

Program Anak KAO diharapkan menjadi bagian dari adaptasi cara hidup baru serta memotivasi sikap positif dan semangat dalam belajar yang dikemas dalam tema Self Esteem. Program ini juga diproyeksikan untuk dapat berperan nyata dalam situasi yang penuh tantangan kesehatan, terlebih dengan dimulainya lagi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah.

Diungkapkan Jeniagusliono S. S, Wakil Presiden Direktur PT Kao Indonesia, “Berpedoman pada Kao Global ESG Strategy yakni Kirei Lifestyle Plan, Kao Indonesia berupaya untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia melalui bentuk kegiatan corporate citizenship. Pada program Anak KAO, kami  berfokus pada masalah sosial saat ini, yaitu kebersihan dan kesehatan."

Program ini terutama menyasar anak usia sekolah yang diharapkan berperan menjadi agen perubahan bangsa Indonesia untuk arah yang lebih baik. "Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta peningkatan motivasi belajar bagi anak usia sekolah, kami tentukan sebagai prioritas karena menjadi pengetahuan mendasar yang penting, seiring dengan dimulainya kegiatan belajar tatap muka kembali oleh pemerintah," lanjutnya.

Implementasi Program Anak KAO dilakukan secara hybrid offline dan online mengikuti jadwal sekolah masing-masing dengan materi edukasi meliputi panduan kebersihan sehari-hari di rumah dan sekolah, protokol kesehatan, serta motivasi semangat belajar.

Pada 4 November 2021, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO turut hadir bersama Kao Indonesia di SD Negeri Ciputat VI, Tangerang Selatan, Banten untuk meninjau langsung dan menyaksikan pemberian dukungan fasilitas kesehatan yang diserahkan PT Kao Indonesia kepada pihak perwakilan sekolah pada pelaksanaan Program Anak Kreatif Aktif Optimis (KAO).

“Apresiasi kami berikan kepada PT Kao Indonesia yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, berkontribusi dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk bangkit dari pandemi Covid-19. Program Anak KAO menjadi kegiatan implementasi UKS dan pembudayaan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang mendorong terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan sekolah," ujar dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)