MIX.co.id - Perayaan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2021 yang jatuh hari ini adalah momen bagi Blibli untuk kembali mengapresiasi pelanggan yang berkaca dari semangat #KarenaKamuNo1 dan visi untuk menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan kepuasan pelanggan terbaik.
Untuk itu, berbagai program apresiasi pelanggan diberikan oleh Blibli di momentum HPN 2021. Diantaranya, program tambahan diskon sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan yang bertransaksi pada tanggal 4-5 September 2021 dengan menggunakan BNI Debit/Kartu Kredit dan Mandiri Kartu Kredit.
Bagi pelanggan baru yang melakukan transaksi pertama tepat pada HPN 2021, yaitu tanggal 4 September 2021, akan mendapatkan kesempatan istimewa yaitu menikmati transaksi belanja dengan cashback sebesar 40 persen.
Khusus bagi INFINITE members, Blibli memberikan apresiasi atas kepercayaannya dengan memberikan voucher reward point khusus di akun Blibli Rewards mereka pada tanggal 4-6 September 2021.
“Blibli dirintis dan dibangun dengan prinsip utama yaitu kualitas dan mindset Customer Satisfaction First. Karena itu, berbagai tantangan dan perubahan menjadi pengalaman berharga sekaligus insight bagi kami dalam memahami serta memberikan hanya yang terbaik bagi pelanggan,” ujar Edward K. Suwignjo, Chief Marketing Officer Blibli dalm rilis yang diterima redaksi pada Sabtu (4/9), di Jakarta.
Dijelaskan, perjalanan Blibli dalam pengembangan layanan selalu melibatkan pelanggan. Diantaranya melalui informasi atau pertanyaan yang disampaikan melalui Customer Care, baik mengenai produk, fitur dan layanan yang sering digunakan. “Dengan begitu, inovasi yang kami hasilkan tidak hanya sesuai kebutuhan, namun juga relevan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan Blibli,” lanjut Edward.
Blibli juga memberikan pengalaman belanja terbaik dengan menawarkan seleksi produk lengkap dalam 20 kategori, seperti kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya yang didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Blibli memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan didukung 20 gudang barang dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar.
Dari fitur dan layanan yang terintegrasi secara omnichannel tersebut, saat ini tercatat ada puluhan juta pengguna bulanan aktif di Blibli di seluruh Indonesia.
Lalu seperti apa karakter pelanggan ketika mereka berbelanja kebutuhan mereka sehari-hari di platform Blibli?
- Layanan pengiriman 2 Jam Sampai, fitur favorit baru. Baru diluncurkan tahun ini, opsi pengiriman 2 Jam Sampai menjadi layanan favorit baru pelanggan Blibli. Keunggulan layanan ini adalah barang akan sampai di konsumen maksimal 2 jam (termasuk waktu proses dan pengiriman) setelah konsumen melakukan pembayaran.
Layanan ini bertumbuh sangat cepat terutama di masa pandemi ini, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang yang sifatnya urgent mulai dari kebutuhan dapur, gadget, dan barang lainnya.
- Kemudahan Menjangkau Layanan Customer Service (CS). CS Blibli sangat mudah dijangkau dan dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari, melalui enam channel baik melalui: chat; telepon dan Whatsapp (WA), email, Facebook; dan Twitter. Berdasarkan data operasional Blibli, hampir 70 persen pelanggan berinteraksi dengan CS melalui fitur chat.
- Menanyakan “Apa spesifikasinya?” Inilah pertanyaan terbanyak yang diterima CS setiap harinya seputar informasi mengenai spesifikasi produk dan promosi pun menjadi perihal yang harus dijawab oleh CS Blibli.
“Kombinasi teknologi dan pendekatan yang humanis menjadi basis melayani pelanggan di Blibli. Untuk itu, kenyamanan adalah hal utama yang kami dedikasikan kepada pelanggan agar tetap memilih Blibli sebagai support system mereka dalam hal memenuhi kebutuhan gaya hidupnya,” tutup Edward.
Kesigapan dan pelayanan kelas premium tim CS Blibli ini mendapatkan penghargaan dari The Best Contact Center Indonesia pada 2020, terdiri dari 5 Platinum Award, 5 Gold Award, 1 Silver Award dan 1 Bronze Award. ()