MIX.co.id – Kampanye #IbuBerbagiBijak 2022 yang digelar Visa baru saja berakhir pada Oktober ini. Kampanye ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah daerah Bali. Kampanye #IbuBerbagiBijak 2022 adalah program literasi keuangan yang diluncurkan untuk pertama kalinya pada 2017 dan bertujuan untuk memberdayakan para pelaku UMKM perempuan, meningkatkan keterampilan manajemen keuangan mereka, dan membantu mengembangkan bisnis.
Tahun ini, Visa bermitra dengan Maxi Consulting untuk menghadirkan berbagai kegiatan lokakarya (workshop) edukatif untuk membantu 500 pelaku UMKM perempuan di wilayah Badung dan Denpasar dalam memahami manajemen keuangan dan bisnis. Kegiatan lokakarya ini difokuskan untuk mendorong dan memberdayakan para pelaku UMKM tersebut agar lebih berorientasi ekspor dengan membantu mereka agar lebih memahami cara berbisnis secara internasional dan mendapatkan izin ekspor. Pelaku UMKM yang menjadi peserta juga berkesempatan untuk menjangkau pasar domestik maupun luar negeri melalui mitra strategis dalam program ini.
Diungkapkan Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, “Visa bertujuan untuk memberdayakan para pelaku UMKM perempuan di Bali melalui kampanye #IbuBerbagiBijak tahun ini. Kami berharap program ini dapat membantu para pelaku UMKM secara jangka panjang, memberdayakan masyarakat setempat, dan membantu para perempuan yang ingin menjadi memulai usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan serta menjadi stronger together dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.”
Sebagai bagian dari program tahun ini, lanjut Riko, Visa juga melakukan digital onboarding dengan membantu pelaku UMKM yang siap ekspor untuk bergabung dalam platform yang memungkinkan mereka untuk menjangkau pasar global. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah tahun ini untuk mengoptimalkan momentum Presidensi G20 Indonesia dengan mendorong peran strategis perempuan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia dan membantu mereka go global.”
Sama seperti tahun sebelumnya, kampanye #IbuBerbagiBijak menerapkan konsep “train the trainers” di mana para peserta program dapat saling berbagi pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan dan bisnis, yang pada akhirnya dapat memberdayakan masyarakat setempat. Dalam rangka mengakhiri program 2022, Visa menyelenggarakan hybrid expo and sesi business matching di Bali guna membantu para pelaku UMKM mencari mitra bisnis yang potensial, salah satunya adalah Titipku dan Bhinneka. Pelaku UMKM yang siap ekspor akan terhubung dengan para mitra bisnis seperti MadeinIndonesia dan Shopee yang dapat menyediakan platform untuk menjangkau pasar ekspor.
Page: 1 2
MIX.co.id - Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya, Erha Clinic meluncurkan program circular economy "Start…
MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima…
Isu keberlanjutan kini menjadi fokus global, mendorong perusahaan dan masyarakat untuk menemukan cara yang dapat…
MIX.co.id - Pada kehidupan modern saat ini, berbagai aktivitas manusia sering memberikan dampak buruk terhadap…
Director & Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung, President Director & CEO Indosat Vikram Sinha,…
MIX.co.id - Menyambut liburan akhir tahun, BNI melalui wondr by BNI berbagi tips untuk menikmati…