Keputusan Anak Membeli Produk Dipengaruhi Iklan Digital

Iklan digital mendorong anak-anak untuk mencari informasi tentang produk yang mereka inginkan dan keingintahuan tersebut berkontribusi besar terhadap keputusan pembelian anak pada produk yang diiklankan.

Lebih dari 52% anak-anak membeli produk dengan uang mereka sendiri setelah melihat produk yang diiklankan online, sementara 76% meminta orang tua mereka untuk membeli produk yang mereka inginkan.

Dalam hal daya beli, seperti dikutip dari rilis penelitian TotallyAwesome yang diterima redaksi, Minggu (8/12), anak-anak menggunakan uang saku mereka setiap minggu untuk membeli barang habis pakai, yakni 64% makanan ringan dan permen; mainan 50%; minuman 48%, buku dan komik hanya 29%.

Riset dari TotallyAwesome juga mencatat bahwa 87% anak Indonesia memilih Internet dibandingkan TV, atau meningkat sekitar 7% dibandingkan tahun lalu; dengan tren jumlah penggunaan internet dipengaruhi oleh penggunaan smartphone. Sebanyak 91% anak-anak Indonesia memilih ponsel pintar sebagai perangkat pilihannya.

Durasi waktu yang dihabiskan anak-anak Indonesia di internet melampaui waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi; dengan rata-rata sekitar 3 jam 30 menit pada hari kerja dan sekitar 4 jam 18 menit pada akhir pekan.

Dengan tingginya penggunaan internet dan telepon pintar, digital adalah sumber utama informasi dan semakin relevan dengan lebih dari 97% anak-anak memanfaatkan internet untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang produk dan layanan baru.

Berdasarkan hasil riset, Quan Nguyen, CEO TotallyAwesome mengungkapkan, anak-anak Indonesia sekarang lebih bebas memutuskan apa yang ingin mereka beli, serta lebih cenderung membeli produk yang mudah diakses dan terjangkau seperti makanan ringan, permen dan minuman.

Anak-anak juga memiliki pester power yang signifikan untuk memengaruhi orang tua mereka ketika melihat sesuatu yang disukai di TV dan internet. Untuk alasan ini, pemasar harus mengembangkan strategi digital yang efektif untuk menjangkau anak-anak,” tandas Nguyen.()

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)