Bagi brand lokal, eCommerce atau situs belanja online menjadi salah satu media yang efektif dalam menjangkau pasar di berbagai daerah. Selain itu, pemanfaatan situs belanja online juga tak lepas dari kebiasaan masyarakat di Indonesia yang sudah bergeser ke belanja online. Hal itu dirasakan dua merek fashion lokal, Dr. Kevin dan Edwin Jeans.
Kevin Klensia, perwakilan dari Dr. Kevin, mengungkapkan, Dr. Kevin Shoes merupakan merek sepatu lokal yang sudah hadir di industri lifestyle sejak 1993. “Awalnya, kami memang berjualan secara offline. Namun, seiring dengan tren belanja online, maka pada tahun 2015, kami mulai memasuki eCommerce. Pada 2017, kami resmi hadir di Shopee,” ucapnya.
Lebih jauh Kevin menjelaskan, meski sampai saat ini penjualan offline melalui kerja sama dengan ritel masih ada, namun pertumbuhan belanja online untuk Dr. Kevin juga cukup signifikan. “Penjualan online untuk produk Dr. Kevin bisa mencapai 15-20%. Dan, penjualan lewat kanal online ini terus bertumbuh tiap tahunnya,” paparnya.
Senada dengan Kevin, Anderson selaku perwakilan dari Edwin Jeans menuturkan, Edwin Jeans adalah brand lokal asal Indonesia yang hadir sejak 1980 dan sudah memanfaatkan kanal belanja online. Perubahan perilaku berbelanja masyarakat Indonesia yang mengarah pada belanja online menjadi alasan mengapa Edwin Jeans harus hadir di Shopee.
“Selain mampu menjangkau market yang lebih luas, belanja online pun terus bertumbuh setiap tahunnya. Di Edwin Jeans, pertumbuhan penjualan dari kanal belanja online ini bisa mencapai 100-200% setiap tahunnya,” ungkap Kevin.
Hal itulah yang mendorong keduanya berkolaborasi dengan Shopee melalui program “Shopee Super Brand Day: Edwin Jeans & Dr. Kevin”. Program tersebut merupakan bagian dari rangkaian kampanye 3.3 Shopee Fashion Sale. Program Shopee Super Brand Day: Edwin Jeans & Dr. Kevin” berlangsung selama tiga hari, 11-13 Februari 2020.
Melalui program tersebut, pengguna Shopee dapat menikmati penawaran menarik untuk berbagai produk Edwin Jeans & Dr. Kevin, mulai dari celana jeans hingga sepatu. Pada puncak program di tanggal 13 Februari 2020, pengguna bisa membeli produk dari kedua brand tersebut dengan diskon hingga 90%. Tidak hanya itu, akan ada grand prize 1 unit mobil Daihatsu Ayla dan 2 unit motor Yamaha Mio untuk tiga pengguna yang beruntung.
“Shopee sangat bangga dapat menghadirkan Super Brand Day pertama kali yang diikuti oleh dua brand fashion ternama secara bersamaan melalui Shopee Super Brand Day: Edwin Jeans & Dr. Kevin. Kami yakin pengguna setia Shopee sudah menantikan berbagai promo menarik dan eksklusif yang dapat dinikmati,” Adi Rahardja, Head of Fashion & Lifestyle Shopee Indonesia.
Saat ini, menurut Adi, Shopee telah memperkuat relasi dengan lebih dari 2000 mitra brand ternama favorit lewat fitur Shopee Mall kesayangan para pengguna, termasuk Edwin Jeans dan Dr. Kevin. “Kami senantiasa mendukung mitra brand kami untuk semakin eksis di online dan menjangkau pengguna dengan lebih efektif,” tutupnya.
Foto: Ihsan Sulaiman