Kisah Susu Mbok Darmi yang Viral di Sosial Media

Minuman kekinian umumnya menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh. Lain halnya yang dilakukan oleh Dhony Pratama. Seolah ingin menentang arus, ia memutuskan untuk mengembangkan minuman kekinian berbahan susu pasteurisasi dengan brand Susu Mbok Darmi.

Keputusan tersebut menuai sukses. Dari hanya satu outlet di kantin kampus, kini susu Mbok Darmi berkembang pesat menjadi 36 outlet dan 130 karyawan. Geliat bisnis Mbok Darmi sempat menjadi viral di sosial media.

“Susu Mbok Darmi berawal dari outlet sederhana di kantin kampus IPB,” ujar Dhony Pratama selaku CEO & Founder. Mbok Darmi adalah produk minuman olahan susu pasteurisasi asal Bogor yang didirikan pada tahun 2013.

Di tengah kesibukannya mempersiapkan partisipasi Susu Mbok Darmi dalam kampanye ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah, ia membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnis susu kekinian ini.

Dhony menuturkan, kisah sukses Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana untuk menambah uang jajan saat kuliah. Saat itu ia berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Ia melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari. “Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” urai Dhony.

Berani nyeleneh agar cepat dikenal, adagium inilah yang diyakininya ketika memulai membangun bisnis. Ketika banyak merek memilih nama kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda. Ia memilih nama “Mbok Darmi” sebagai merek.

Nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan Indonesia banget. Tak berhenti di nama, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh. Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya.

Di awal kemunculannya, layanan pembayaran digital belum sepopuler sekarang. Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital oleh masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis. Sejak Januari 2020, Susu Mbok Darmi bisa dibeli menggunakan layanan pembayaran digital ShopeePay.

Lebih dari itu, Dhony jeli memanfaatkan kampanye tanggal cantik dari pembayaran digital ShopeePay. “Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay,” akunya.

Konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang ditawarkan Mbok Darmi.

Bulan ini, Susu Mbok Darmi kembali berpartisipasi pada kampanye tanggal cantik ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah. Pada kampanye tersebut, produk Susu Mbok Darmi dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya promo-promo seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dan Flash Sale Rp7. Pada promo puncak yang berlangsung 7 Juli, Voucher Cashback dapat dibeli hanya dengan Rp1.

“Ketika sudah viral, tugas selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan kualitas produk dan pelayanan prima,” jelas Dhony lagi,

Untuk itu, kualitas Susu Mbok Darmi dijaga ketat dengan quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya. Ia juga memperlakukan karyawannya seperti keluarga sehingga mereka pun bisa berlaku ramah terhadap konsumen.

Secara pribadi, ia juga terus belajar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan entrepreneurship dan belajar dari sosok-sosok sukses lainnya.()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)