Kolaborasi LandX – Moka Kembangkan Bisnis UMKM dengan Modal Usaha

MIX.co.id – Platform equity crowdfunding LandX menjalin kolaborasi dengan solusi digital komprehensif Moka sebagai mitra penyaluran modal usaha untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan kolaborasi ini para pelaku UMKM yang bekerja sama dengan Moka dapat dengan mudah memiliki akses pendanaan dalam ekspansi bisnis UMKM mereka melalui layanan Moka Capital mulai bulan September 2022.

CEO LandX, Andika Sutoro Putra, menjelaskan pihaknya merasa senang dapat bekerja sama dengan Moka, jaringan Point of Sales yang telah terbukti dapat meningkatkan skala bisnis UMKM dan pengusaha lewat teknologi digital.

Terlebih, ragam solusi Moka dapat memudahkan para pebisnis untuk dapat mempercepat ekspansi bisnis mereka.

“Dengan menghadirkan beragam bisnis UMKM potensial yang telah bekerja sama dengan Moka dalam platform LandX, kerja sama ini kami harapkan dapat meningkatkan minat investor yang ingin melakukan investasi di UMKM lewat equity crowdfunding,” paparnya dalam acara jumpa pers yang diselenggarakan pada Jumat (30/9), di Jakarta.

Sebagai bagian dari GoTo Financial, Moka terus menjadi mitra pertumbuhan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, yang salah satunya lewat Moka Capital.

“Kami berharap kerja sama ini akan membantu lebih banyak UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, baik itu membuka cabang baru, melakukan inovasi terhadap produk, maupun memperluas jangkauan pelanggan, hingga dapat terus berkontribusi dalam menggerakkan perekenomian nasional Indonesia,” timpal CEO & Co-Founder Moka, Haryanto Tanjo.

UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai Rp 8.573,89 triliun. Potensi ini tentu perlu dilirik oleh para investor, yang kini dimudahkan oleh LandX untuk berinvestasi pada puluhan ribu mitra usaha Moka.

Dengan modal Rp 1 juta, masyarakat bisa ikut merasakan menjadi pemilik bisnis dari investasi bisnis yang mereka pilih. Telah berizin dan diawasi OJK, LandX memiliki sekitar 88 ribu investor yang siap berinvestasi terhadap bisnis yang akan listing di LandX, termasuk mitra usaha Moka.

Sementara Moka, berdiri sejak 2014, telah membantu puluhan ribu pelaku UMKM, terutama bisnis kuliner, retail, fesyen, kecantikan, dengan memberikan layanan omnichannel yang dapat membantu usaha mereka tumbuh.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyambut baik kerjasama LandX dan Moka yang memanfaatkan teknologi digital dalam membuka akses keuangan bagi pelaku UMKM,” ungkap Maman Rahmawan, Koordinator Pembiayaan Teknologi Finansial dan Modal Ventura Kemenparekraf/Baparekraf. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)