Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle dalam satu platform, resmi berkolaborasi dengan Jatim Park, pada akhir Mei ini (28/6). Kolaborasi tersebut menandai adanya kesepakatan strategis bagi Traveloka untuk menjadi yang pertama dalam membantu promosi dan pemasaran Jawa Timur Park Group secara online hingga ke mancanegara.
Dikatakan Christian Suwarna, Chief Executive Officer (CEO) Traveloka Experience, “Traveloka Xperience sebagai platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara, mengumumkan kerja sama strategis dengan Jawa Timur Park Group. Kami percaya dengan adanya kolaborasi strategis ini, para pengunjung akan mendapatkan kemudahan. Mulai dari pencarian inspirasi dalam penentuan destinasi wisata, aktivitas yang harus dilakukan, hingga pemesanan secara online yang aman dan nyaman. Kami juga berharap kolaborasi strategis ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pariwisata Indonesia, khususnya di daerah Kota Batu dan Malang.”
Ronny Sendjojo, Staf Ahli Holding Company Jatim Park Group yang mewakili Jatim Park Group, mengungkapkan, “Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan platform pemesanan produk aktivitas liburan dan gaya hidup terkemuka, Traveloka Xperience. Sebagai sesama perusahaan asal Indonesia, kami merasa kerja sama ini tidak hanya strategis dilihat dari segi bisnis. Namun lebih dari itu, hal ini juga sangat membantu peran kami, untuk sama-sama meningkatkan pariwisata Indonesia hingga ke tingkat mancanegara.”
Sejatinya, kolaborasi tersebut sebagai salah satu realisasi dari upaya Traveloka untuk mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia. Termasuk, membantu para pemain di industri pariwisata di Indonesia untuk menjangkau pasar regional.
Saat ini, dikatakan Ronny, Jawa Timur Park Group telah memiliki 12 theme park yang berlokasi di Jawa Timur dan Jawa Barat, serta dilengkapi dengan 4 inventori hotel dan resorts. Taman ini juga memiliki area terluas di Indonesia, yaitu 22 hektar yang terletak di area Kota Wisata Batu. “Saat ini beberapa theme park yang tergabung di Jawa Timur Park Group telah berhasil meraih berbagai penghargaan dari sebuah institusi global. Di antaranya, The Secret Zoo dinobatkan menjadi #9 Best Destination Sites di Asia pada tahun 2015, Eco Green Park meraih Certificate of Excellence tahun 2016, dan Jawa Timur Park 2 memecahkan Rekor Muri saat mengumpulkan 125 mobil Mercedes-Benz,” ucapnya.
Diterangkan Christian, pengguna Traveloka yang saat ini berjumlah lebih dari 40 juta pengguna dan tersebar di Asia Tenggara hingga Australia, merupakan potensi yang baik bagi Jawa Timur Park Group untuk memberikan informasi seputar destinasi yang tersedia di dalamnya kepada pasar mancanegara.
“Kami berharap dengan dibukanya akses informasi ini ke pasar Asia Tenggara, dapat semakin meningkatkan minat masyarakat lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi taman rekreasi ini, sehingga dapat memperkaya pengalaman berwisata mereka,“ tutur Christian.
Sementara itu, Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, juga menyatakan dukungannya terhadap kemitraan strategis antara Traveloka Xperience dan Jawa Timur Park Group. “Kami sangat menyambut baik inisiatif dari dua perusahaan besar Indonesia yang sudah berinisiatif untuk berkolaborasi bersama. Hal ini secara tidak langsung juga akan membantu misi Indonesia untuk mengundang sebanyak banyaknya wisatawan asing berkunjung ke Tanah Air.”