Konsumen Optimis Ekonomi Indonesia Pulih Tahun Ini

Masyarakat Indonesia optimis bakal melewati krisis ekonomi meski diterjang badai pandemi Covid-19.

Berdasarkan riset baru-baru ini yang dilakukan Inventure-Alvara terungkap bahwa sebagin besar (59,5%) responden responden merasa yakin ekonomi Indonesia akan pulih pada tahun ini. Demikian pula terkait selesainya pandemi, sebanyak 51,5% responden yakin pandemi bakal berakhir pada tahun ini juga.

Riset digelar pada Juni 2021 terhadap 532 responden yang tersebar di 7 kota besar di Indonesia.

Bila dibandingkan dengan riset serupa yang dilakukan pada September 2020 mengenai kepercayaan konsumen Indonesia dan tanggapan kapan pandemi berakhir,  terlihat bahwa kedua survei tersebut konsumen Indonesia sangat optimis dengan prospek pemulihan ekonomi.

“Hanya saja kami melihat, di survei yang kedua di bulan Juni 2021, konsumen lebih realistik dalam melihat keadaan. Hal ini wajar mengingat mereka semakin ‘berpengalaman’ dalam menjalani krisis pandemi,” ujar  Yuswohady, Managing Partner Inventure, dalam paparan di acara  "Indonesia Industry Outlook 2nd Semester 2021: Consumer Megashifts Post Vaccine" secara virtual pada Senin (26/7) di Jakarta.

Riset juga menanyakan pendapat responden mengenai kondisi keuangan, apakah membaik, sama saja, atau memburuk. Kondisi keuangan mengacu kepada empat pilar keuangan keluarga yaitu: pendapatan, pengeluaran, tabungan, dan investasi.

Hasilnya, dari sisi pendapatan sebanyak 50,2% responden merasa mengalami penurunan, sedangkan dari sisi pengeluaran, 49,1% responden merasakan sama saja.  Dari sisi tabungan, 65,0% responden merasa mengalami penurunan, sementara dari sisi investasi 52,1% responden merasakan penurunan. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)