News Trend

Konten Streaming Mampu Dongkrak Trust dan Visibilitas Brand

MIX.co.id – Sebanyak 97% penonton konten streaming yang diselingi iklan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli produk dari brand yang mereka tonton.

Selain itu, sebanyak 86% penonton konten streaming yang diselingi iklan menganggap layanan streaming sebagai sebuah kebutuhan.

Demikian terungkap dari hasil riset Magnite bertajuk “Streaming TV’s New Era: Embracing Ad-supported Streaming Across Screens in Indonesia.” Magnite adalah perusahaan periklanan sell-sideindependent global.

Riset dilakukan Magnite bekerja sama dengan Harris Interactive melalui melakukan survei online terhadap 1.368 responden di Indonesia selama 7-19 September 2023. Responden adalah orang-orang berusia 18-74 tahun yang menonton TV selama lebih dari 7 jam seminggu, termasuk konten streaming.

“Riset kami menunjukkan bahwa streaming mampu meningkatkan kepercayaan (trust) dan visibilitas brand, di mana interaksi dengan penonton tidak terbatas pada konten streaming, tetapi juga pada iklan yang ditayangkan,” ujar Gavin Buxton, Managing Director Asia di Magnite.

“Seiring dengan perkembangan layanan streaming yang terus meningkat, brand pun harus mulai melirik channel ini untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen yang tertarik,” imbuh Gavin dalam keterangan pers, Rabu (29/11), di Jakarta.

Riset ini menemukan bahwa layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan 69% dari penonton TV di Indonesia menonton konten streaming yang diselingi iklan.

Temuan lain dalam rise tantara lain, para penonton di Indonesia menghabiskan rata-rata dua jam sehari untuk menonton konten pada layanan streaming dan memiliki kecenderungan tinggi untuk menonton melalui perangkat yang berbeda-beda.

Meskipun smartphone adalah perangkat utama yang digunakan untuk menonton, 61% penonton konten TV yang diselingi iklan justru paling sering dan menonton lewat smart TV hampir sepanjang waktu dalam seminggu.

Penggunaan berbagai perangkat untuk menonton ini menciptakan interaksi yang lebih bermakna antara brand dengan konsumen, sebab hampir semua (97%) penonton konten streaming yang diselingi iklan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli produk dari brand yang mereka tonton lewat berbagai perangkat tersebut.

“Hasil riset ini membuktikan efektivitas konten streaming yang diselingi iklan dan kemampuannya untuk meningkatkan interaksi dengan penonton dalam jangka waktu yang lama melalui pengalaman menonton yang menyeluruh dari berbagai perangkat,” timpal Yogi Triharso, Head of Emtek Digital Data & Programmatic.

Page: 1 2

Wawan Setiawan

Recent Posts

Tiga Soft Skill Pekerja yang Bernilai Bagi Perusahaan

MIX.co.id – Kebutuhan atas pekerja yang piawai semakin meningkat seiring dengan keinginan perusahaan untuk berkompetisi…

3 hours ago

Inke Maris Dinobatkan sebagai PR Agency of the Year-Journalist Choice di ajang  “Indonesia PR of The Year 2024”

MIX.co.id - “Indonesia PR of the Year 2024” baru saja digelar Majalah MIX MarComm, Swa…

4 hours ago

‘Indonesia PR of The Year 2024,’ Ajang Rekognisi Program Komunikasi dan Praktisi PR Terbaik

MIX.co.id – Majalah MIX MarComm (SWA Group) kembali menggelar program tahunan “Indonesia PR of The…

5 hours ago

Upaya Kolaboratif Musim Mas, L3F, SNV Indonesia, dan ICRAF Terapkan Model Perkebunan Regeneratif

MIX.co.id - Program Biodiverse & Inclusive Palm Oil Supply Chain (BIPOSC) dengan mengaplikasikan model perkebunan…

6 hours ago

Didukung Jaringan Global, TMI Tangani Klaim Secara Efektif

MIX.co.id – PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan…

8 hours ago

Propan Sandimas Experience Center Pamerkan Deretan Produk Inovatif hingga Layanan Konsultasi

MIX.co.id - Produsen cat lokal Propan Raya dan pemasok bahan bangunan Sandimas berkolaborasi menghadirkan Propan…

12 hours ago