MIX.co.id - J99 Corp. memahami bahwa saat ini, persaingan usaha yang semakin ketat menjadi salah satu tantangan besar yang harus dihadapi. Selain harus menyuguhkan produk yang lebih unggul dan berkualitas, pelaku usaha dituntut untuk membuat tampilan produk yang berbeda dan lebih menarik dibandingkan kompetitornya.
Packaging atau kemasan menjadi salah satu yang memegang peranan penting dalam menarik perhatian pelanggan. Lantaran, kemasan dapat menjadi salah satu faktor konsumen dalam mengambil keputusan saat membeli suatu produk.
PT Kosmetika Global Printing and Packaging (Kosmepack) merupakan salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. yang bergerak di bidang manufaktur penyedia packaging atau kemasan yang berlokasi di SIER, Surabaya.
Memasuki usianya yang ke empat tahun, Kosmepack hadir membantu pelaku industri yang membutuhkan packaging untuk bisnis atau usaha yang dijalankan, baik dalam skala kecil, menengah, hingga skala besar (Business to Business).
Salah satu pelanggan Kosmepack menuturkan pengalamannya selamabbekerja sama dengan Kosmepack. “KLT NEW telah menggunakan produk kemasan botol dari Kosmepack sejak tahun 2023 lalu. Selama ini, kemasan tersebut telah memenuhi standar kualitas yang diterapkan oleh perusahaan kami. Dengan mutu produk yang tetap dipertahankan dan pelayanan yang terus ditingkatkan, kami berharap di tahun-tahun mendatang Kosmepack dapat terus mendukung bisnis kami,” cerita Fitra Ulfia, Product Development PT Mires Mahisa Globalindo, perusahaan yang menaungi merek KLT New, produk skincare yang kemasannya diproduksi oleh Kosmepack.
Sampai saat ini, produksi kemasan untuk industri kosmetik masih menjadi bisnis utama Kosmepack, disusul dengan food and beverages, jamu, houseware, dan industri kecil lainnya.
Untuk kemasan produk kosmetik, Kosmepack di antaranya memproduksi kemasan untuk MS GLOW, Melia, KLT, Skin Theory, Beeganic, Kithosindo, serta beberapa merek pendatang baru seperti Himawari, Moin, BBS, dan masih banyak lagi. Untuk houseware, ada merek Miracle dan Nobu dari MMM. Ada juga kemasan untuk industri UMKM seperti kemasan burger dan kentang goreng, jamu-jamuan, minuman herbal, dan masih banyak lagi.
Dijelaskan Riza P. Wicaksana, Direktur Kosmepack, “Kosmepack merupakan one stop packaging shopping solution dimana kami menyediakan berbagai kebutuhan kemasan, mulai dari kemasan primer, sekunder, hingga dekorasi pada kemasan untuk meningkatkan nilai jual produk. Kosmepack juga menyediakan konsultasi dan mock up desain gratis bagi pelanggan melalui motonya ‘Accelerating Your Packaging Solution’. Kualitas pun menjadi prioritas dan guideline kami dalam bekerja, dengan didukung oleh mesin high end untuk pembuatan produk paper printing dan plastic packaging. Mesin-mesin kami berproduksi selama 24 jam tanpa henti untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.”
Sementara itu, Ganesya W. Pradana, CEO J99 Corp., menambahkan bahwa Kosmepack senantiasa menjunjung tinggi komitmen dalam memberikan produk dan layanan yang inovatif dan berkualitas. “Indonesia Packaging Federation (IPF) telah menargetkan nilai produksi kemasan di Indonesia pada tahun 2023 lalu mencapai lebih dari Rp 116 triliun. Bahkan, Kementerian Perindustrian menyebut Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki pertumbuhan pasar kemasan tercepat secara global. Oleh karena itu, agar bisa terus bersaing di industri packaging ini, Kosmepack sebagai bagian dari J99 Corp. terus tumbuh dan berkembang dengan dukungan orang-orang yang kompeten di bidangnya, memastikan seluruh customer mendapatkan layanan dan produk dengan standar kualitas terbaik," pungkasnya.