Kreasitus, Website Builder untuk Segmen UMKM

Dari 59,2 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia, hanya 8% yang telah memanfaatkan platform digital. Berangkat dari kondisi itu, PT Prima Gelora Indo merilis Kreasitus.

Dijelaskan CEO Kreasitus Rinaaldi Soerja Djanegara, Kreasitus adalah sebuah website builder yang diperuntukkan bagi UMKM dan profesional perorangan di Indonesia, dengan menyediakan layanan website professional yang tepat sasaran, mudah, cepat, dengan harga terjangkau.

Sesuai dengan namanya Kreasitus, yang memiliki arti KREASIkan siTUSmu, situs web ini, www.kreasitus.co.id, akan memberi lebih banyak kebebasan para penggunanya untuk berkreasi,” ucapnya.

Menurutnya, di era digital, membuka usaha tidak lagi cukup dengan hanya mempunyai sebuah toko dalam wujud nyata. Akan tetapi, dibutuhkan ‘penampilan’ toko atau website yang menarik yang dapat diakses melalui internet, guna memperkenalkan produk mereka kepada konsumen, baik di dalam maupun luar negeri.

Sayangnya, pelaku usaha kerapkali menghadapi sejumlah kendala dalam pembuatan situs web. Di antaranya, tidak memiliki kemampuan untuk coding; tidak memiliki kemampuan berkreasi dalam warna, tata letak, dan tulisan; sistem pembayaran yang tidak dimiliki oleh semua orang terutama UMKM seperti pembayaran dengan kartu kredit; dan sulit dalam pengoperasian situs, sehingga membutuhkan pihak lain.

Untuk itu, Kreasitus hadir memberikan solusi dengan menciptakan platform yang dapat menyederhanakan proses pembuatan situs web, menepis semua kendala yang ada, dan memungkinkan setiap orang untuk membangun situs webnya sendiri dengan penuh gaya dan dirancang dengan baik. Termasuk, memberi lebih banyak kebebasan di tangan mereka,” ia menegaskan.

Guna memberikan nilai lebih kepada pengguna situs web, ia memparkan, Kreasitus telah merancang beberapa program untuk UMKM yang akan berkembang bersama. Di antaranya, Pelatihan Perdagangan dan Digital, Kreasitus Expert, dan Gerai Percobaan.

Melalui Pelatihan Digital, Kreasitus akan mengadakan workshop mengenai perdagangan dan digital kepada UMKM binaan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), BKPM, dan Kementerian Koperasi dan UKM, untuk meningkatkan daya saing mereka. Hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah yaitu ingin meningkatkan potensi UMKM melalui platform digital.

Sementara itu, lewat Kreasitus Expert, segala kesulitan dapat diselesaikan dengan berkonsultasi pada kreasitus expert, yang akan berada di beberapa kota dengan sistem honorer. Hal ini diharapkan dapat memajukan perekonomian daerah serta menimbulkan semacam gerakan #melekdigital bersama.

Adapun Gerai Percobaan adalah salah satu rangkaian terpenting pada setiap kegiatan roadshow, untuk meningkatkan pemahaman bahwa membuat situs web tidak perlu sulit. :Ini yang membedakan Kreasitus dengan pembangun situs web lain. Sebab, Kreasitus memberikan kesempatan pengguna untuk melakukan percobaan, sampai benar-benar bisa,” tuturnya.

Beberapa UMKM yang telah memakai Kreasitus pada tahap ini, antara lain WO – usaha wedding organizer; 'enjiphotography' – Jasa photographer; dan Ingram – jasa penyewaan genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)