News Trend

Kuasai 31% Pangsa Pasar Small MPV, Mitsubishi Kembali Rilis Edisi Spesial Xpander

Tahun 2020, tepatnya pada awal pandemi di Indonesia, pasar kendaraan Small MPV memang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penjualan Small MPV sepanjang 2020 hanya mencapai 10,9 ribu unit. Itu artinya, turun 43% dibandingkan tahun 2019.

“Namun, pada 2021, pasar Small MPV mulai pulih. Hingga April 2021 misalnya, penjualan Small MPV nasional mencapai 12,4 ribu atau tumbuh 14%. Pulihnya pasar MPV antara lain dipengaruhi oleh insentif PPnBM yang dikeluarkan pemerintah,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Lebih jauh ia menegaskan, di pasar Small MPV, MMKSI berhasil meraih menguasai market share 31% pada periode Januari hingga April 2021. “Sementara itu, relaksasi PPnBM yang dilakukan pemerintah juga berdampak cukup signifikan pada penjualan Xpander. Penjualan kami meningkat dua kali lipat, dari 2.500 unit per bulan menjadi 5.000 unit per bulan setelah pemberlakukan insentif PPnBM,” ujar Irwan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2017, lanjutnya, model Xpander telah mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia. Penjualannya hingga saat ini telah mencapai lebih dari 193.000 unit.

Untuk memperkuat pasar Small MPV, hari ini (10/6), MMKSI kembali meluncurkan edisi spesial untuk Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross bertajuk Rockford Fosgate Black Edition. “Peluncuran ini merupakan bentuk respon terhadap antusiasme dan penerimaan masyarakat atas edisi spesial yang telah diperkenalkan sebelumnya pada Oktober 2020 lalu,” ujarnya.

Edisi spesial Xpander Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition hadir dengan tagline ‘Xpand Your Music Adventure’. “Varian baru ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menyukai petualangan, memiliki karakter yang kuat, menyukai seni-budaya, dan menikmati hidup dengan musik,” ucap Irwan.

Tidak hanya beragam keunggulan di sisi desain dan fitur produk, di varian baru Xpander ini, konsumen juga ditawarkan SMART package untuk perawatan dan program insentif PPnBM 50%. “Untuk setiap pembelian edisi spesial Xpander Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, konsumen berhak mendapatkan penerapan keringanan harga dengan perhitungan insentif PPnBM hingga Rp 9.150.000, sesuai varian dan waktu pengiriman unit/ pembukaan faktur. Diskon insentif PPnBM 50% untuk periode pengiriman kendaraan Juni-Agustus 2021,” paparnya.

Untuk varian baru Xpander ini, Mitsubishi menetapkan harga mulai dari Rp 273,9 juta hingga Rp 312,65 juta. “Kami menargetkan penjualan 4.000 unit hingga akhir tahun 2021 untuk seluruh varian baru Xpander,” Irwan mematok.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Airscream UK Hadir di JIVE Expo 2024, Ajak Pengunjung ‘Scream Out Load’

MIX.co.id – Airscream UK, merek vape atau rokok elektrik asal Briston, Inggris, semakin agresif meningkatkan…

11 hours ago

KGSB Kembali Gelar Pelatihan Psychological First Aid Batch II

MIX.co.id - Merujuk survey yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) 2022 lalu, 1…

16 hours ago

Foot Locker Gandeng IBL dan Umumkan Tiga Brand Ambassador

Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…

23 hours ago

Formula Gelar Kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan” di 2024

MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…

1 day ago

Penjualan Tembus 50 Ribu Pieces, Implora Luncurkan Peeling Gel Ukuran Besar

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…

1 day ago

Sharp Garap Pasar Smartphone di Bali

MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…

2 days ago