MIX.co.id - Salesforce baru saja merilis laporan State of Service terbarunya, yang membahas pendapat dari 5.500 lebih profesional bidang jasa di 30 negara di dunia, termasuk 150 di Indonesia.
Laporan ini mencakup prioritas, tantangan, dan strategi dalam membentuk layanan pelanggan, termasuk bagaimana tim layanan pelanggan memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) dan data untuk meningkatkan pendapatan, efisiensi, dan kepuasan pelanggan di tengah meningkatnya ekspektasi pelanggan.
Berikut ini, hasil temuan dari laporan tersebut.
1. Untuk meningkatkan layanan pelanggan tanpa mengorbankan kualitas, banyak organisasi yang beralih ke AI. Dan, 86% profesional bidang jasa di Indonesia menggunakan AI atau mengevaluasi manfaat AI.
2. 80% profesional bidang jasa di Indonesia berencana meningkatkan investasi AI pada tahun ini.
3. Ada tiga fungsi utama penggunaan AI dalam layanan di Indonesia, yakni respons layanan pelanggan, asisten cerdas yang menangani pelanggan, serta ringkasan dan laporan kerja secara otomatis.
4. 96% profesional bidang jasa di Indonesia yang menggunakan AI mengatakan bahwa AI membantu menghemat waktu mereka.
5. Tren yang memandang layanan pelanggan sebagai pendorong pendapatan dan bukan sebagai pusat biaya semakin meningkat, dan tim layanan melakukan investasi untuk meningkatkan skalanya.
6. 74% organisasi di Indonesia memperkirakan layanan pelanggan untuk berkontribusi lebih banyak pada pendapatan tahun ini.
7. 80% profesional bidang jasa di Indonesia mengharapkan anggaran yang lebih besar tahun ini. Dan, 68% profesional bidang jasa di Indonesia mengharapkan peningkatan jumlah karyawan tahun ini.
8. Seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan, agen layanan pelanggan pun merasakan tekanannya. 74% profesional bidang jasa di Indonesia memperkirakan volume kasus yang lebih tinggi tahun depan.
9. 91% profesional bidang jasa di Indonesia mengatakan...