MIX.co.id – Keluarga muda di Indonesia menjadi pengguna pesan-antar yang paling sering, demikian hasil survei terbaru Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara.
Kelompok ini menggunakan layanan pesan-antar online makanan lebih dari 8 kali dalam sebulan dan melakukan belanja harian online lebih dari 10 kali dalam sebulan.
Survei dilakukan terhadap lebih dari 20.000 pengguna layanan pesan-antar makanan dan belanja kebutuhan harian online di Indonesia, serta data internal dari platform Grab.
Jumlah pengguna yang sudah menikah dan memiliki anak ternyata tidak hanya didominasi di Indonesia, melainkan juga di Vietnam sebesar 74% dan Malaysia sebesar 62%, namun masih lebih rendah dibandingkan Indonesia yang 8 dari 10 penggunanya merupakan pasangan dengan kategori tersebut.
Sebagai pengguna Grab paling sering di Asia Tenggara, konsumen Indonesia memesan secara online 1.5 kali lebih sering di GrabFood dan GrabMart dalam 3 tahun terakhir.
Konsumen di Indonesia juga dilaporkan sebagai pengguna yang paling sering menggunakan jasa pesan-antar online, yakni 7 dari 10 pengguna di Indonesia menganggap layanan pesan-antar online sebagai bagian permanen dalam keseharian mereka.
“Walaupun peningkatan penggunaan pesan-antar online ini mungkin disebabkan oleh pandemi beberapa tahun belakangan, hal ini tidak membuat kebiasaan tersebut akan hilang. Kebiasaan ini bahkan akan terus berlangsung ke depannya,” ungkap Jennie Johnson, Head of Marketing, GrabAds, dalam rilis yang diterima redaksi pada Senin (2/1), di Jakarta.
Dalam tahun 2019 dan 2022, rata-rata uang yang dihabiskan untuk belanja di GrabFood tumbuh sebesar 54%, dan untuk GrabMart tumbuh sebesar 90% Sementara nilai pembelanjaan tunggal terbesar di Indonesia mencapai Rp9 juta.
Laporan Grab juga menunjukkan bahwa aplikasi pesan-antar online...