Layanan Singgahsini Mamikos "Product & Service of the Year 2022" Blue Ocean Service Innovation Category

MIX.co.id - Tidak hanya hotel, bisnis penyewaan properti untuk kos-kosan pun ikut terpuruk akibat pandemik Covid-19. Ditandai dengan tingkat okupansinya yang terus melorot. Menghadapi situasi ini, Mamikos selaku penyedia layanan pencarian dan sewa kos hunian, melakukan terobosan dengan menghadirkan layanan Singgahsini untuk mendorong pertumbuhan bisnis para Mitra.

Layanan Singgahsini hadir dengan fasilitas yang menyeluruh dari hulu ke hilir guna membantu Mitra (pemilik properti) memaksimalkan kualitas propertinya agar bisa terus berkembang walau di tengah situasi pandemi. Mulai dari pemeliharaan bangunan, optimasi layanan pemasaran, pengelolaan sewa dan tagihan, hingga pengaduan penyewa.Singgahsini menawarkan pengelolaan properti end-to-end sehingga Mitra tidak perlu khawatir mengenai operasional bisnis.

Dibandingkan pemain serupa lainnya, menurut Co-founder dan CEO Mamikos, Maria Regina Anggit, Singgahsini memiliki diferensiasi yang menjadi keunggulan tersendiri, yaitu adanya koordinasi dengan Mitra secara transparan terkait pengelolaan dan kebijakan.

Pengelolaan tagihan sewa yang diatur oleh Mamikos di Singgahsini, dapat memastikan arus kas Mitra Mamikos lancar dan pendapatan bisnis kos berkembang secara terencana. Kontrak penghuni diatur secara digital dengan sistem tagihan yang otomatis terkirim ke penghuni setiap bulannya.

Penghuni bisa memilih berbagai metode pembayaran seperti bank transfer, e-wallet, atau kartu kredit. Penghuni juga bisa mendapatkan keuntungan berupa Mamipoin yang bisa ditukarkan berupa potongan harga di bulan berikutnya.

Singgahsini juga memungkinkan para Mitra melakukan diversifikasi strategi guna meningkatkan okupansi dan pendapatan, seperti penyewaan jangka pendek (harian ke mingguan) yang lebih fleksibel. Tim Singgahsini akan mendampingi pemilik dalam mempersiapkan dan menjaga fasilitas dan layanan properti agar memenuhi standar layanan jangka pendek yang terbaik, sekaligus memastikan penjaga kos sudah tervaksinasi, menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kos, hingga layanan disinfeksi kamar sebelum calon penghuni check in.

Singgahsini juga memiliki program Corporate Accomodation yang memberikan layanan rumah tinggal bagi karyawan perusahaan, baik untuk hunian tinggal jangka panjang maupun pendek seperti business trip. Lebih dari itu, listing kos dipasarkan melalui Mamikos yang memiliki lebih dari 5 juta pengguna aktif dilengkapi foto serta video eksklusif. Menurut Anggit, pihaknya mengelola kos secara digital untuk mengefektifkan industri properti.

Hingga saat ini, layanan Singgahsini telah membantu pengelolaan lebih dari 6.500 kamar pada 536 properti kos, tumbuh signifikan hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan semester pertama 2021. Pertumbuhan ini terjadi berkat sederet upaya yang dilakukan oleh

Singgahsini, mulai dari kecepatan respon, layanan pencatatan keuangan properti yang efektif, memastikan kebutuhan penghuni terpenuhi dengan waktu yang cepat, dan proses yang transparan sebagai salah satu standar layanan Singgahsini. Di lain sisi, Singgahsini juga telah terbukti berhasil meningkatkan okupansi properti hingga 85% setelah bulan ke-4 Mitra bergabung dengan Singgahsini.

Layanan inovasi Singgahsini yang disuguhkan Mamikos, menurut juri Amalia Maulana PhD,AssociateProfessor dari Binus University, tergolong evolutionary service dengan nilai investasi medium dan tingkat risiko rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)