Categories: News Trend

Layani Daerah Terpencil, Indosat Ooredoo Gandeng Thuraya

Hari ini, Senin (23/1) Indosat Ooredoo dan Thuraya Telecommunications Company, salah satu operator layanan satelit, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengembangkan berbagai layanan baru dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan satelit Thuraya. Selain untuk melengkapi portofolio jaringan, kerjasama tersebut juga berguna bagi Indosat Ooredoo untuk memperluas layanan ke daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan kabel atau selular GSM.

Penandatanganan MoU ini menciptakan kerangka kerja untuk kerjasama masa depan di tiga bidang utama. Pertama, mengembangkan layanan roaming sehingga pelanggan selular Indosat Ooredoo dapat tetap berkomunikasi di jaringan Thuraya. Kedua, bundling perangkat satelit dengan aplikasi digital Indosat Ooredoo, dan ketiga pengembangan teknologi IoT (Internet of Things).

Melalui pemanfaatan jaringan satelit, karyawan akan tetap dapat menggunakan aplikasi-aplikasi bisnis sehingga perusahaan bisa memperluas operasi dan layanan di area yang tidak terhubung jaringan telekomunikasi kabel atau selular, atau di lingkungan dengan kondisi yang ekstrim, atau dalam kondisi darurat bencana dimana jaringan telekomunikasi lumpuh. Berbagai industri seperti minyak dan gas, pertambangan, perkebunan, pelayaran, perikanan dan kelautan, militer dan kepolisian yang beroperasi di luar jangkauan jaringan telekomunikasi kabel dan selular dapat memanfaatkan jaringan satelit untuk meningkatkan produktifitasnya.

Menurut Bilal Hamoui, Thuraya Chief Commercial Officer, penandatanganan MoU tersebut merupakan langkah penting bagi Indonesia karena luasnya wilayah butuh konektivitas andal sepanjang waktu. “Kerjasama ini memberikan solusi komunikasi yang andal di mana pun dan kapan pun dibutuhkan pelanggan di seluruh Indonesia,” promo Bilal.

Herfini Haryono, Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, mengatakan, penandatangan MoU tersebut merupakan upaya Indosat Ooredoo Business dalam mendukung tranformasi digital para pelanggan korporasi dengan dimungkinkannya komunikasi, akses informasi dan aplikasi di lokasi-lokasi terpencil di mana saja.

Nurur R. Bintari

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

21 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

22 hours ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

1 day ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

1 day ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

2 days ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

2 days ago