Lebih dari 25 Juta Orang Indonesia Menstreaming YouTube ke Televisi

MIX.co.id - Tahun ini, lebih dari 25 juta orang Indonesia menstreaming YouTube ke televisi. Sementara itu, 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di televisi mereka di rumah, yang biasa disebut sebagai "Connected TV." Tiga vertikal konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental. Demikian sejumlah fakta yang terungkap dalam acara marketing tahunan YouTube, Brandcast 2022.

Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV, dengan 74% responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.

Sementara itu, sejak YouTube Shorts diluncurkan pada 2021, channel yang meng-upload video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Merujuk laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.

Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia, menerangkan, “Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform yang cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari."

Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android. Bahkan, data YouTube pada Q1 2022 mengungkapkan bahwa watch-time (year-on-year, or YoY) tumbuh secara signifikan. Untuk video tim sepak bola Indonesia naik 400% YoY, video renovasi naik 70% YoY, dan watch-time untuk video motivasi kebugaran wanita naik 100% YoY.

“Mulai dari awareness hingga action, hubungan yang mendalam ini memberi peranan yang jelas dan bernilai kepada brand di sepanjang perjalanan konsumen,” imbuh Yolanda.

Di Indonesia, lanjutnya, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).

Diungkapkan Richard Erfany dari Hobby Makan, “Setiap brand harus kreatif dalam mengkombinasikan format konten di YouTube, misalkan social experiment atau challenge untuk menstimulasi audiens agar tertarik mencoba. Kolaborasi brand dan konten kreator juga dapat membantu membangun koneksi yang kuat dengan audiens, selama profil konten kreator seirama dengan intisari sebuah brand sehingga lebih efektif dan efisien.”

Tahun ini, berkolaborasi dengan Kantar dan Persatuan Periklanan Indonesia, YouTube kembali menghadirkan YouTube Works Awards, yakni penghargaan yang mengapresiasi dan merayakan campaign-campaign iklan paling menarik, efektif, dan kreatif.

Ada 243 kiriman dari berbagai industri di Indonesia, termasuk yang menggunakan metode konvensional hingga digital-native dalam acara penghargaan ini, dengan Blibli meraih penghargaan tertinggi pada tiga dari tujuh kategori.

Para pemenang YouTube Works Awards 2022 adalah Grand Prix (Bliblihome Launch with Ringgo and Sabai), Action Driver (Bliblihome Launch with Ringgo and Sabai), Best Creative Effectiveness (Bliblihome Launch with Ringgo and Sabai),
Force for Good (Rambutku Mahkotaku),
Best Storytelling (#CepetanGoSendInstant),
Best Collaboration (Brand and YouTube), Creators (#MoveOnBro 2.0), dan Best Launch (#GoPay Coins Launch).

Dijelaskan Marlen Deine, SVP Brand Strategy Blibli, “Blibli bekerja sama dengan Dentsu Creative Indonesia meluncurkan kampanye Bliblihome pada pertengahan tahun 2022. Kami menggunakan YouTube sebagai saluran media utama kami dan kampanye ini berjalan sangat mengesankan. Dari perspektif metrik merek, kami melihat peningkatan minat pembelian sebesar 13%. Dari perspektif dampak bisnis, kampanye ini berhasil mendorong peningkatan pengunjung baru sebesar 187% dan peningkatan penjualan sebesar 50%."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)