Lenovo Targetkan Market Share Segmen PC 30% di 2016

Ditengah meningkatnya penetrasi smartphone dan tablet di seluruh dunia, pasar PC (desktop dan laptop) nyata tetap menunjukkan kinerja positif. Menurut Chief Operation Officer (COO) Lenovo Asia Pasifik Amar Babu, perusahaan masih memiliki 21 persen market share PC secara global dan ditargetkan naik 30 persen di 2016. “Masih ada kesempatan untuk meningkatkan pangsa pasar di segmen tersebut,” katanya.

Lenovo Targetkan Market Share Segmen PC Sebesar 30% di 2016

Lenovo Targetkan Market Share Segmen PC Sebesar 30% di 2016

Secara global, pengapalan PC ke seluruh dunia di 2015 lalu memang bisa dikatakan turun. Dalam laporan IDC pada Oktober 2015, mencatat bahwa pengapalan PC di kuartal ketiga 2015 sebanyak 71 juta unit atau merepresentasikan penurunan 10,8 persen year on year (yoy). Bagi Lenovo, keuntungan yang diperoleh dari segmen PC mengalami penurunan hingga 14 persen, selain itu, selama periode 2015-2016 tercatat PC hanya bisa menyumbang 70 persen dari total perolehan perusahaan. “Padahal tahun sebelumnya bisa mencapai angka 84 persen.”

“Dua puluh satu persen share adalah nilai tertinggi bagi pemain di Industri ini. Kami nomor satu di Asia Pasifik dan masih banyak ruang pertumbuhan,” terang Amar Babu dalam acara Lenovo at Consumer Electronic Show (CES) 2016, Las Vegas, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2016). menurutnya, perusahaan tidak akan berhenti untuk terus mendorong penjualan PC. Bahkan targetnya terus didorong hingga 30 persen market share lewat strategi menambah lini produk baru.

“Banyak yang bilang penjualan PC menurun, tapi kami tak mengalaminya. Kami tetap masih nomor satu dalam hal penjualan PC,” yakin Steve Gilbert, Director of Worldwide Product Marketing, Commercial Group Lenovo.

Dalam acara tahuan Consumer Electronic Show 2016, Lenovo juga ikut memperkenalkan sejumlah PC terbarunya, seperti laptop dan desktop. Amar juga menonjolkan keunggulan varian Thinkpad X yang terdiri dari dua jenis yakni X1 Carbon dan X1 Yoga kepada publik di Las Vegas selama masa penyelenggaraan.

Layar X1 Carbon dapat ditekuk hingga lurus 180 derajat, sedangkan X1 Yoga bisa diputar hingga 360 derajat. Keduanya sama-sama memiliki bobot yang ringan, layar ukuran 14 inci dan prosesor Intel Core i7 vPro. Selain itu ada juga sebuah mini desktop IdeaCentre 610S. Bentuknya berupa CPU ukuran mini dengan sebuah proyektor yang menempel di bagian atasnya. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)