Lepas dari BBDO, P&G Beralih ke WPP Grey

P&G mengungumumkan bahwa mereka saat ini menggandeng WPP Grey untuk menangani brand-brand grooming mereka, yakni Venus, Braun dan Art of Shaving yang sebelumnya diurus oleh Omnicom BBDO. Bukan pertama kalinya P&G memindahkan brand mereka dari BBDO ke Grey. Pasalnya, pemindahan ini terjadi hanya berselang dua tahun sejak P&G memindahkan brand Gillette dari BBDO ke Grey. Selain membuat BBDO "kehilangan" klien yang mereka tangani, konsolidasi antara P&G dan Grey ini juga membuat perusahaan digital independen, Resources dan Columbus yang sebelumnya menangani Venus harus mengalami hal yang sama.

P&G

Setelah memindahkan brand Gillette dari BBDO ke WPP Grey, selanjutnya  P&G memutuskan untuk memindahkan seluruh brand grooming-nya ke WPP Grey.

Menurut juru bicara P&G, Tressie Rose, agensi Grey kemungkinan besar akan melibatkan sister agency-nya untuk membantu mereka meng-handle ketiga brand grooming ini. Namun nemurut Rose, belum ada keputusan resmi yang diambil terkait hal ini.

Masih menurut Rose, walaupun P&G telah banyak mengalihkan brand mereka ke Grey namun mereka masih mempercayakan beberapa brand mereka kepada Denver (salah satu agensi di bawah Omnicom). Denver hanya akan menangani brand-brand P&G serta mengurus urusan-urusan marketing untuk skala regional.

Menurut berita yang dilansir oleh Adage, BBDO menolak untuk memberi komentar terkait konsolidasi antara P&G dan Grey. Namun yang pasti, P&G yang diwakili oleh Rose ini menjamin bahwa pengalihan ini sama sekali tidak berdasarkan "penilaian terhadap performa". Rose juga mengungkapkan bahwa baik BBDO maupun Resources tetap akan dipercaya oleh P&G untuk menangani brand-brand mereka yang lainnya.

Adage menyebutkan bahwa pengalihan agensi ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh P&G untuk merampingkan portofolio agensi mereka serta mengurangi biaya servis agensi dan biaya produksi sebesar US$ 500 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)