Tahun ini, jumlah video yang diunggah di YouTube mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Kreasi konten dari Indonesia tengah berada di garis pertumbuhan yang sangat pesat, yakni dengan jumlah video yang diunggah ke YouTube meningkat hingga 600% sejak tahun lalu. Itu artinya, tertinggi di Asia-Pasifik.
Meski demikian, diungkapkan Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, masih banyak potensi yang bisa digali dari kreator dan calon kreator Indonesia untuk meraih sukses melalui YouTube. Untuk itu, di penghujung Oktober 2015 ini, YouTube memutuskan untuk meluncurkan YouTube Broadcast Box di Jakarta (24/10).
YouTube Broadcast Box adalah studio mini yang dilengkapi dengan kamera profesional, props, dan peralatan editing untuk perlengkapan praktik langsung bagi komunitas yang ingin mendapatkan pelatihan menyeluruh tentang meraih sukses melalui YouTube. “Broadcast Box didesain dengan memikirkan karakter kreator Indonesia yang selama ini kami amati, agar mereka bisa memaksimalkan apa yang ditawarkan platform ini. Kami juga tak sabar melihat hadirnya bintang-bintang YouTube berikutnya dari luar Jakarta,” ungkap Veronica.
Menggandeng Telkomsel sebagai mitra, peluncuran YouTube Broadcast Box juga akan menjadi bagian dari roadshow Telkomsel Loop 2015—brand Telkomsel yang menyasar segmen youth. Dengan demikian, YouTube Broadcast Box akan hadir di kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Termasuk, menyediakan workshop digital di Medan dan Makassar.
“Di dalam YouTube Broadcast Box, para kreator dapat mempelajari kemudahan membuat dan mengunggah video ke situs YouTube, dengan panduan langsung dari pakar video. Setelah membuat video, mereka bisa mengikuti workshop di mana para pakar dari YouTube akan berbagi tips dan trik untuk mengembangkan channel melalui YouTube Partnership Program, serta melindungi konten mereka di dunia maya. Workshop ini juga mengundang kreator-kreator YouTube lokal yang telah menguasai seni membuat video viral di media maya,” paparnya.
Melalui peluncuran YouTube Broadcast Box, ia berharap, akan membuka peluang lebih besar bagi komunitas kreatif di luar Jakarta yang ingin
berinteraksi secara langsung dengan tim YouTube. “Selama ini, ada tiga hal yang paling banyak ditanyakan oleh kreator Indonesia, yakni pengarahan teknis, memaksimalkan fitur, dan melindungi konten,” lanjutnya.
Nirwan Lesmana, Vice President Marketing Communications Telkomsel, menambahkan, “ Kami percaya anak muda Indonesia memiliki banyak potensi, maka kami menghadirkan Loop yang didedikasikan untuk anak-anak muda. Secara konsisten, Loop telah memfasilitasi kreativitas mereka melalui berbagai channel, seperti melalui Loop Channel dan gelaran Loop KePo, agar di era digital ini mereka bisa menjadi digital creator dan bukan hanya sebagai konsumen. Dengan YouTube sebagai platform video populer di kalangan anak muda, Broadcast Box membuka peluang bagi mereka untuk belajar dan mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat konten audio visual.”