LG Beberkan Inovasi Berbasis AI di "Consumer Electronics Show 2024"

MIX.co.id - LG Electronics resmi berpartisipasi pada gelaran "Consumer Electronics Show (CES) 2024". Dalam gelaran tersebut, LG memperkenalkan visi baru sekaligus mengusung “Reinvent Your Future” (Menciptakan Kembali Masa Depan).

William Cho, CEO LG, membuka acara tersebut dengan menyatakan kembali tujuan ambisius perusahaan yang disampaikan pertama kali pada tahun lalu, yaitu untuk bertransformasi menjadi perusahaan solusi bagi kehidupan cerdas. Hal ini sejalan dengan pemahaman mendalam tentang konsumen global dan ruang hidupnya yang diperoleh LG sepanjang hampir tujuh dekade.

Bermodalkan hal tersebut, lanjut William Cho, LG kini bakal memperlebar bisnisnya. Tak hanya menjadi dukungan pengguna bagi aktivitasnya di rumah, namun merambah pada beragam ruang, termasuk mobilitas, komersial, dan virtual. Pada setiap ruang baru itu, perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan berfokus pada lima elemen utama. Dirangkum dalam 3C2S, kelimanya yaitu Kepedulian (Care), Konektivitas (Connectivity), Kustomisasi (Customization), Pelayanan (Servitization), dan Keberlanjutan (Sustainability).

Dalam perjalanan inovasinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, LG telah mengidentifikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence – AI) memiliki posisi penting sebagai salahsatu faktor penentu. LG mendefinisikan ulang AI sebagai “Kecerdasan Penuh Afeksi” (Affectionate Intelligence). Melalui definisi ini, perusahaan mengungkap keyakinannya bahwa AI dapat menumbuhkan pengalaman pengguna yang lebih peduli, berempati, dan penuh perhatian.

"Di antara 500 hingga 700 juta produk LG yang digunakan di seluruh dunia hingga saat ini, terdapat banyak yang telah dilengkapi sensor cerdas dengan dukungan AI. Dukungan ini dioptimalkan untuk mempelajari dan menganalisis pola kehidupan pengguna, baik secara fisik maupun emosional," paparnya.

CEO Cho juga menjabarkan peran integral yang dimainkan LG AI Brain, mesin pemrosesan canggih yang digerakkan Large Language Model (LLM) LG. Dengan memanfaatkan besarnya data pengguna, LG AI Brain memperkirakan kebutuhan pengguna tak hanya berdasarkan interaksi antara pengguna dan produk. Namun, juga pembelajaran kontekstual, melakukan proses penalaran tingkat lanjut, dan menghasilkan solusi optimal melalui pengaturan tindakan perangkat fisik.

Keseluruhan hal ini memungkinkan LG memberikan layanan dan pengalaman cerdas di berbagai ruang kehidupan pengguna. “Semuanya disampaikan dengan cara lebih cerdas dan efisien. Menunjukkan perhatian yang tertanam dalam konsep kecerdasan yang penuh afeksi dari LG,” tambah William Cho.

Dalam pengembangan solusi AI pada tiap perangkatnya, LG pun dikatakan sangat menyadari penggunaan AI dengan cara etis dan tanggung jawabnya atas dampak serta konsekuensi dalam keputusan dan tindakannya. Sejalan dengan upaya mengembangkan sistem AI yang bermanfaat bagi seluruh pengguna, LG pun mendorong tumbuhnya perilaku aman dan menjamin keamanan semua data pribadi yang dikumpulkan.

Yang menonjol dari komitmen ini adalah sistem keamanan data perusahaan, LG Shield. Sistem keamanan data ini dirancang melindungi data dan informasi pribadi di setiap tahap proses, mulai dari pengumpulan dan penyimpanan hingga pemanfaatan. Didedikasikan untuk mewujudkan Kecerdasan yang Bertanggung Jawab, LG bertujuan untuk melampaui tolok ukur industri yang disyaratkan dalam penerapan AI.

Tak hanya pemaparan visi, LG juga memperkenalkan teknologi dan inovasi terbarunya dalam berbagai perangkat. Untuk memperkenalkan rangkaian inovasi ini, dalam acara tersebut, CEO LG William Cho didampingi Jung Ki-hyun selaku Wakil Presiden dan Kepala Pusat Bisnis Platform LG dan Eun Seok-hyun sebagai Presiden Perusahaan Solusi Komponen Kendaraan LG, memperkenalkan teknologi inovatif berbasis AI dan strategi.

Dimulai dari rumah, wakil presiden Jung mempresentasikan cetak biru rumah pintar berbasis AI LG. Sejalan dengan visinya bertransformasi menjadi perusahaan solusi kehidupan cerdas, LG menggabungkan teknologi unik ‘Affectionate Intelligence’ milik LG ke dalam platform ThinQ.

Hal ini diantaranya dilakukan dengan meluncurkan layanan inovatif, ChatThinQ. Layanan ini merupakan ebuah chatbot AI generatif yang memungkinkan percakapan alami dengan pengguna. Disisi lain, dalam kesempatan tersebut LG juga memperkenalkan 3D Home View. Keberadaannya menjadi sebuah visualisasi 3D rumah untuk kontrol ruang terintegrasi dengan cara intuitif. Pada kesempatan tersebut LG juga mengungkap rencana untuk meluncurkan hub rumah pintar baru.

Sementara dalam bidang mobilitas, perusahaan memiliki visi sama untuk menjadikan mobil sebagai ‘ruang hidup di atas roda’ dengan dukungan solusi dari Software-Defined Vehicle (SDV). Sejalan dengan visi tersebut, Eun Seok-hyun selaku presiden LG Vehicle Solution Company, memperkenalkan LG AlphaWare. Ini merupakan rangkaian solusi perangkat lunak perusahaan untuk SDV.

LG AlphaWare menyertakan modul perangkat lunak serbaguna untuk menyempurnakan sistem operasi kendaraan yang ada dan membantu membangun platform baru. Di antaranya sebagai solusi operasi yang membantu pengembang perangkat lunak sepanjang proses pengembangan perangkat lunak, mulai dari desain hingga penerapan, solusi hiburan dalam kabin yang memungkinkan tampilan konten definisi tinggi dan suara berkualitas tinggi, serta solusi antarmuka manusia dan mesin yang memanfaatkan teknologi AR/MR dan AI untuk memberikan pengalaman berkendara yang mendalam.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)