MIX.co.id - Memasuki 34 tahun kehadirannya di Indonesia, PT LG Electronics Indonesia menggelar program internal yang melibatkan jajaran manajemen dengan seluruh karyawan dan keluarganya. Mengusung tema Life’s Good Family Day, di program tersebut LG juga mengungkap beberapa langkah yang disiapkannya untuk memperkuat bisnisnya di Indonesia pada masa mendatang.
“Setiap langkah sepanjang perjalanan LG berkarya bagi masyarakat Indonesia tak lepas dari kolaborasi kuat antar sumber daya manusia di dalamnya. Inilah yang membuat perayaan hari jadi LG ini begitu spesial. Tak hanya karyawan, namun juga melibatkan keluarga yang menjadi penyemangatnya berkarya,” ungkap Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia.
Lebih jauh ia menjelaskan, seremoni ini juga menjadi momen bagi LG untuk mengapresiasi sekaligus melakukan refleksi untuk menetapkan pijakan lebih kuat di masa mendatang.
Sejumlah 6.000 peserta yang berasal dari karyawan dan keluarganya turut menjadi bagian perayaan tersebut. Meski dihelat pada dua tempat wisata berbeda dengan pertimbangan banyaknya peserta, yakni di Dunia Fantasi (Dufan)-Jakarta dan Taman Safari-Bogor, namun perayaan dilakukan pada waktu yang hampir bersamaan.
Di tengah perayaan tersebut, Lee Taejin mengungkap transformasi LG sepanjang 34 tahun di Indonesia menjadi sebuah perusahaan dengan integrasi menyeluruh pada tiap rantai pasokan. Menurutnya, hal itu tak lepas dari fasilitas pendukung operasional yang dikembangkan LG di Indonesia.
Selain kantor pusat yang menangani pemasaran berbagai produk, LG juga memiliki dua fasilitas produksi di Indonesia untuk melayani pasar domestik maupun ekspor. Sementara di sisi lain, untuk menangani purna jualnya, LG memiliki jajaran kantor LG Service Center yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan terbaru, LG telah pula memiliki LG pusat riset dan pengembangan LG R&D untuk mendukung kinerjanya di Indonesia.
“Kelengkapan fasilitas pendukung operasional ini memungkinkan perusahaan dapat melakukan operasi satu atap yang dengan mudah menghubungkan tiap rantai pasokan, mulai dari pengembangan, produksi, pemasaran, penjualan produk, hingga layanan purna jual,” lanjut Lee Taejin, yang menyebutkan bahwa LG Electronics Indonesia menjadi perusahaan LG pertama di dunia yang dapat melakukan peran terintegrasi lengkap tersebut.
Kekuatan integrasi itu pulalah yang menurutnya memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat dapat membawa berbagai ragam inovasi produk terbaiknya bagi pasar Indonesia. Dia mencontohkan, sepanjang tahun ini saja, LG tercatat telah memperkenalkan ragam produk elektronik terbaiknya hanya beberapa bulan setelah debut globalnya di Consumer Electronics Show yang menjadi perhelatan dunia tahunan bagi industri perangkat elektronik konsumer.
Untuk semakin memperkuat mengambil peran menjadi pilihan utama bagi kebutuhan perangkat elektronik pendukung rumah tangga, LG bahkan telah berancang-ancang menambah dua kategori baru perangkat rumah tangga, yaitu perangkat vacuum cleaner dan dehumidifier. Meski belum menyebut waktu pastinya, namun dikatakan Lee Taejin, rencana ini akan siap terealisasi pada akhir tahun 2024.
Dalam kesempatan yang sama, Lee Taejin juga mengungkap rencana LG untuk menghadirkan ragam produk terbarunya yang dikembangkan khusus untuk pasar Asia. “Kehadirannya merupakan buah dari berbagai riset yang dilakukan LG untuk semakin dapat memberikan produk yang menjadi solusi tepat bagi pasar Asia, termasuk masyarakat Indonesia,” kata Lee Taejin.
Di antara produk tersebut yaitu dari kategori kulkas dan mesin cuci. Untuk kategori kulkas, akan terdapat dua kategori utama, yaitu LG InstaView French-Door dan LG InstaView Bottom Freezer. Terlahir dari trah InstaView yang merupakan kulkas premium LG, meski belum menyebut detailnya, kedua model kulkas ini dikatakannya memiliki berbagai fitur yang cocok untuk budaya kuliner maupun gaya hidup masyarakat Asia.
Sementara pada kategori mesin cuci, dikatakan Lee Taejin,...