MIX.co.id - Libur Lebaran menjadi momen penting bagi brand untuk mengoptimakan berbagai layanannya. Tanpa terkecuali, Blibli, yang memperkenalkan fitur layanan 2 Jam Sampai. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2021 lalu, fitur tersebut disambut positif oleh pasar. Terbukti, saat ini, pertumbuhan bisnisnya mencapai dua kali lipat year on year (YoY) pada 2022.
Dituturkan Sindu Sirat, Vice President of Express Delivery Blibli, “Dengan fitur 2 Jam Sampai, pelanggan tak perlu lagi khawatir ketika ingin membeli kebutuhan harian saat libur Lebaran. Total ada 15 warehouse Blibli yang tersebar di berbagai kota di Indonesia yang dapat memfasilitasi pengiriman 2 Jam Sampai ke 41 kabupaten/kota. Mulai dari Jabodetabek, Karawang, Semarang, Jepara, Kudus, Karanganyar, Solo, DI Yogyakarta, Bantul, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, hingga Malang. Sementara di luar pulau Jawa, dapat mencakup kota Medan, kabupaten Deli Serdang, Balikpapan, Makassar, dan Maros.”
Lebih jauh Sindu menjelaskan, saat ini layanan 2 Jam Sampai Blibli dapat melayani pengiriman lebih dari 470 ribu produk (stock keeping unit/SKU), mulai dari produk pangan harian, bumbu dapur, daging, sayur dan buah segar, makanan ringan dan siap saji. Begitu juga dengan kebutuhan lainnya seperti aneka gadget dan elektronik terkini, perawatan kulit dan tubuh, kebutuhan ibu dan anak, perawatan rumah tangga, serta komputer dan laptop.
“Blibli juga telah memperkuat armada Blibli Express Service (BES) Paket yang akan memastikan pengiriman berbagai pesanan pelanggan tiba tepat waktu dan bisa dipantau pesanannya melalui fitur Lacak Pengiriman di bagian detil produk,” lanjutnya.
Fitur 2 Jam Sampai juga dilengkapi dengan layanan opsi cakupan wilayah pengiriman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan. Selain itu, Blibli juga menjalankan solusi Fulfillment by Blibli (FBB) sebagai salah satu layanan logistik yang seluruh infrastrukturnya dapat digunakan oleh para seller (penjual), mulai dari perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) hingga UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Tujuannya adalah mempermudah penempatan stok barang di warehouse Blibli sehingga perseroan dapat memproses pengiriman paket segera setelah pemesanan sukses dilakukan. Solusi FBB sendiri saat ini telah tersedia di 15 lokasi warehouse Blibli di berbagai kota besar Tanah Air, seperti Jakarta, Bekasi, Medan, Makassar, kawasan Joglosemar, dan Surabaya.
Untuk mengoptimalkan layanan pengantaran 2 Jam Sampai, imbuhnya, di momen libur Lebaran, Blibli mensinergikan kinerja BES Paket dengan sejumlah mitra logistik (3PL partner), sekaligus menjamin kesiapan SKU yang memadai, khususnya pada segmen belanja yang diprediksi mengalami permintaan tinggi seperti kebutuhan pangan harian dan produk-produk kesehatan. Blibli juga menawarkan layanan Pengiriman Terjadwal yang memberikan fleksibilitas dalam mengatur jam terima pesanan menyesuaikan kesibukan pelanggan.
“Seluruh komitmen tersebut turut diperkuat oleh dukungan Customer Care Blibli yang beroperasi 24 jam 7 hari, memastikan pelanggan mendapat pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli untuk berbagai pemenuhan kebutuhannya,” pungkasnya.