Libur Natal dan Tahun Baru, Layanan Data Streaming dan Instant Messenger Naik

Masa liburan panjang Natal hingga Tahun Baru 2021 kerapkali mencatatkan pertumbuhan trafik data yang cukup siginfikan. Sepanjang periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, secara nasional, rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15%, dengan kenaikan tertinggi mencapai 70%.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6%. Adapun untuk trafik SMS, mengalami kenaikan 2% dibandingkan hari biasa.

Diungkapkan Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa, "Pandemi tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Meski tidak leluasa beraktvitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dan merayakan kedua hari besar tersebut dengan beragam aktivitas digital.”

Hal itu, menururtnya, bisa dilihat dari trafik data di area pemukiman yang naik sekitar 7% dibandingkan hari normal, dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik. “Beberapa kawasan pemukiman atau perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur, Cirebon, dan daerah lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, kenaikan trafik data tertinggi pada Hari Natal, antara 24 - 25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat sebesar lebih dari 3% dibanding hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 17%. “Jika dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi mencapai lebih dari 40%,” ujarnya.

Bagaimana denga tahun baru? Dijawab Gede, untuk trafik Tahun Baru, antara 31 Desember - 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data mencapai 10% dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik data hingga 40%.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum mengalami peningkatan sebesar 6%, termasuk di dalamnya streaming video Youtube, Facebook, Instagram, dan Tiktok yang meningkat sebesar 6%, film dan saluran TV (Netflix, Iflix, Viu, Vidio) juga meningkat 4%, musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2%.

Lebih jauh ia memaparkan, layanan instant messenger secara umum naik 19%. Termasuk dalam jenis layanan ini adalah Whatsapp, Messenger, LINE, Telegram, dan Hangouts). Sementara itu, pada layanan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, LinkedIn) meningkat sebesar 11%. Video Call (via Whatsapp dan Hangouts) mengalami penurunan -14%, dan VoIP (via Whatsapp dan Messenger) naik 11%.

Sebaliknya, trafik akses ke layanan belanja online (Lazada, Shopee, Tokopedia) mengalami penurunan sebesar -22%, sementara trafik ke layanan travelling (Traveloka, Agoda, Tiket.dom) meningkat sekitar 13%.

“Dan seperti biasanya, selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 2%, sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan 6%,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)