Libur Panjang 2018, Layanan Social Networking dan Gaming Naik Drastis

Libur akhir tahun selalu menjadi peak season bagi para operator selular. Maklum saja, di masa itu konsumsi data meningkat sangat signifikan. Terbukti, pada libur panjang akhir 2018 lalu, sejumlah operator telekomunikasi mengalami pertumbuhan trafik yang signifikan.

Sejak 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 misalnya, PT XL Axiata Tbk. mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data sebesar 83% dibandingkan hari-hari normal. Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengungkapkan, “Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran. Kami juga melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang.”

Diakui Yessie, kenaikan trafik tersebut terjadi salah satunya berkat persiapan yang matang terkait jaringan XL. Termasuk, kesuksesan XL dalam melayani pelanggan di semua wilayah, seperti di area-area yang mengalami peningkatan trafik secara signifikan. “Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, maka XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru,” ungkapnya.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Selain itu, berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung, serta di jalur tol trans Jawa.

Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng-Bali sebesar 211%, Kabupaten Deli Serdang 140%, dan Kota Medan 115%. Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah yang banyak komunitas Nasrani seperti Medan mengalami peningkatan trafik sebesar 35%, Manado 55%, dan Kupang 37%.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di area-area lokasi wisata popular yang mengalami kenaikan trafik antara lain Pangandaran sebesar 91%, Bali 87%, Lombok 80%, dan Danau Toba 310%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 165%.

Pada malam Natal, lanjut Yessie, dari jenis layanan selain instant messanging, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) naik 125% dan Gaming naik 122%. “Kenaikan trafik dari jenis-jenis layanan ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapkan Natal dan Tahun baru,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)