Lima Tren Jual-Beli Online 2021 Versi Tokopedia

MIX.co.id - Tokopedia mencatat ada lima temuan menarik terkait tren jual-beli online masyarakat sepanjang 2021.

Pertama, ada tiga kota dengan penjualan tertinggi sepanjang 2021. “Medan, Bandung, dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini didorong oleh kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan lainnya,” papar VP of Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, dalam keterangan tertulis yang diterima MIX hari ini (5/1).

Lebih jauh ia menerangkan, Inisiatif Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah. Upaya ini ditujukan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar belanja online bisa lebih efisien dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Verne Indonesia, UMKM kerajinan kulit dari Surabaya, yang menjadikan Tokopedia sebagai jalur utama untuk penjualan, berhasil mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Kedua, Kategori Favorit Masyarakat adalah Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga, dan Hobi. Kategori itulah yang menjadi yang paling laris di Tokopedia. Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular lain-lain.

Ketiga, ada sejumlah produk yang paling diburu sepanjang 2021. Produk paling diburu itu adalah masker, kaos, dan sepatu sneakers. Ketiga produk itu menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia. "Melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng," imbuhnya.

Keempat, Pada sepanjang 2021, ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat. Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu.

Kampanye ini telah membantu masyarakat di berbagai kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Makassar, dan masih banyak lainnya, untuk mendapatkan produk makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah.

Kelima, pada sepanjang 2021 ternyata animo donasi juga sangat tinggi. Artinya, walau pandemi masih berlangsung, semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan masih sangat tinggi. "Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp 160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)