MIX.co.id - Studi APJII “Profil Internet Indonesia 2022” menyebutkan bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia sudah mencapai 77,02%. Sebanyak 77,64% pengguna internet menggunakan mobile data dari operator seluler, dan 20,61% WiFi yang terpasang di rumah.
Sementara itu, survei Katadata yang dirilis pada Januari 2022 menunjukkan bahwa belanja komunikasi memiliki presentase 74,4% atau paling tinggi di antara ragam kebutuhan rutin lainnya.
Hal itu menunjukkan bahwa internet telah menjadi kebutuhan vital yang berperan penting dalam menunjang kehidupan serta aktivitas masyarakat yang saat ini telah beradaptasi dengan dunia digital yang hybrid.
Berangkat dari fakta itu, XL Axiata dan Link Net berkolaborasi menghadirkan layanan konvergensi internet untuk memenuhi kebutuhan internet di dalam dan luar rumah, pada hari ini (20/10), di Jakarta.
Melalui kolaborasi itu, keduanya menggabungkan layanan internet berkecepatan tinggi tanpa batasan kuota, konten streaming, TV kabel, serta penyimpanan online milik First Media dengan Paket Kuota Bersama XL, yaitu berupa layanan data internet berkuota besar.
Inovasi tersebut hadir guna menjawab kebutuhan pelanggan akan internet di dalam dan luar rumah melalui layanan yang lebih hemat, praktis, dan efisien.
Dituturkan Victor Indajang, Chief Commercial Officer Link Net, “Kolaborasi ini kami lakukan sebagai bentuk nyata kepedulian First Media guna melayani kebutuhan internet pelanggan secara menyeluruh, baik untuk di dalam rumah ataupun di luar rumah, melalui penyediaan konvergensi layanan pita lebar berbasis kabel (fixed line broadband) dan layanan mobile internet. Di samping itu, sinergi ini juga bertujuan meningkatkan kualitas layanan produk First Media dengan menawarkan layanan inovatif untuk pasar yang lebih luas.”
David Arcelus Oses, Director & Chief Commercial Officer XL Axiata, menambahkan, “Penyediaan produk kolaborasi ini merupakan salah satu wujud sinergi yang kami bangun dengan Link Net untuk mendukung upaya kami mewujudkan visi XL Axiata menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia."
Lebih jauh ia menegaskan, berbagai pilihan produk kolaborasi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan teknologi dan platform digital berbasis internet yang kian masif, seiring meningkatnya kebutuhan dan penggunaan internet, baik di dalam maupun luar rumah untuk mendukung aktivitas pelanggan setiap harinya.
"Kolaborasi ini juga menjadi langkah tepat untuk mendukung pemerintah mewujudkan pemerataan digitalisasi menuju era konvergensi di Indonesia," lanjutnya.
...