Loket Hadirkan Pengalaman Digital di Pekan Raya Indonesia

Sukses menangani lebih dari 500 event berskala besar, tahun ini Loket kembali dipercaya untuk menangani event besar lainnya, Pekan Raya Indonesia (PRI) 2017. Perusahaan event management dan ticketing services yang baru saja diakuisisi oleh Go-Jek itu dipercaya untuk menghadirkan solusi layanan digital terintegrasi untuk para eksibitor maupun visitor di PRI—yang tahun ini memasuki perhelatan yang kedua.

Pada perhelatan yang digelar selama 16 hari itu (21 Oktober hingga 5 November 2017), Loket memberikan layanan berupa sistem ticketing maupun payment. Dijelaskan Siri Ajeng Susanti, Senior Manager Account Loket, ini merupakan pertama kali Loket menangani event PRI. “Pada event PRI ini, kami menggunakan Ticket Management Services (TMS) untuk mengelola secure gate system, penjualan tiket online dan on-the-spot, hingga layanan cashless payment system untuk wahana permainan dan kuliner yang jumlahnya mencapai 300-350 tenant,” paparnya.

Tahun ini, PRI menargetkan 1 juta pengunjung. Itu artinya, mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yang jumlah pengunjungnya mencapai 631 ribu. Guna mencapai target tersebut, maka berbagai upaya dilakukan pihak PRI. Di antaranya, dengan menghadirkan pengalaman digital kepada pengunjung, dalam bentuk pembelian tiket online maupun transaksi non tunai untuk area kuliner dan wahana permainan.

Dan, untuk pertama kalinya PRI menerapkan sistem cashless atau non-tunai dalam setiap transaksi. Harapannya, dengan sistem tersebut, pengunjung dapat cepat dan nyaman bertransaksi; serta bagi penyelenggara, semua transaksi dapat tercatat dan terekam dengan tepat. Maklum saja, dengan sistem tunai yang diberlakukan pada PRI tahun lalu, pihak penyelenggara tidak dapat mencatat secara tepat dan akurat angka transaksi yang terjadi.

Diterangkan Enterprise Marketing Manager Loket Aldion Sianturi, ada banyak benefit yang dapat diperoleh pengunjung maupun penyelenggaran event dengan solusi TMS yang dimiliki Loket. Antara lain, pengunjung dapat membeli tiket secara online sehingga mereka tak harus mengantre. Pengunjung juga dapat melakukan transaksi non-tunai di area kuliner dan wahana permainan hanya dengan membeli kartu yang dapat diisi ulang.

Sementara itu, bagi penyelenggara, solusi TMS dapat memberikan penyajian data reporting berbentuk event analytic. “Dengan demikian, penyelenggara dapat memperoleh laporan secara real time terkait jumlah transaksi dari masing-masing eksibtor atau tenant. Dengan laporan yang akurat dan real time, penyelenggara dapat mempersiapkan rangkaian acara yang lebih diminati oleh para pengunjung,” ujar Aldion.

Selain PRI, Loket sudah dipercaya oleh event-event akbar seperti Konser One Direction, Djakarta Warehouse Project, We The Fest, Soundrenaline, Pekan Raya Jakarta, dan Piala Presiden. “Sampai saat ini, ada tiga tipe event yang kami tangani, yakni konser musik dan festival, eksebisi atau MICE, serta sport. Ketiganya memiliki porsi yang sama terhadap revenue Loket. Ke depan, kami berencana melakukan ekspansi dengan menghadirkan solusi ini pada wahana permainan seperti Jungle Land dan Jatim Park,” tutup Aldion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)