LSPR Gelar Live Campaign #SelamatDiJalan

The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggelar kampanye #SelamatDiJalan. Kampanye yang digelar pada Maret ini (20/3) berlokasi di zebra cross lampu merah Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Aksi sosialisasi #SelamatDiJalan dibagi menjadi dua jadwal, yaitu pukul 08.00-10.00 WIB dan pukul 15.00-17.00 WIB.

Kampanye tersebut diinisiasi oleh tiga orang mahasiswi LSPR-Jakarta jurusan Performing Arts Communications Batch 19, yaitu Sindhyana, Syafira Virzi Meidira, dan Yolanda Cenderakasih. Pertunjukan itu sekaligus merupakan implementasi tugas akhir (non-thesis) mereka, guna meraih gelar sarjana komunikasi.

Melalui kampanye tersebut, ketiganya menyampaikan pesan #SelamatDiJalan yang disuarakan melalui performing arts atau seni pertunjukan. Di antaranya, dengan menampilkan tarian yang memperagakan tindakan tertib berlalu lintas, dan diiringi dengan lagu orisinil berisi pesan peraturan lalu lintas. Waktu yang digunakan untuk melangsungkan satu kali penampilan hanya sekitar 90 hingga 110 detik, atau selama lampu merah kendaraan menyala.Seni pertunjukan ini dilakukan secara repetitif, namun mengacu pada situasi dan kondisi di lapangan.

Pesan #SelamatDiJalan disuarakan melalui performing arts atau seni pertunjukan dengan menampilkan tarian yang memperagakan tindakan tertib berlalu lintas, dan diiringi dengan lagu orisinil berisi pesan peraturan lalu lintas. Program ini diinisiasi oleh tiga orang mahasiswi LSPR-Jakarta jurusan Performing Arts Communications Batch 19 yaitu Sindhyana, Syafira Virzi Meidira, dan Yolanda Cenderakasih. Pertunjukan ini sekaligus merupakan implementasi tugas akhir (non-thesis) mereka, guna meraih gelar sarjana komunikasi.

Diungkapkan Kelik Setiawan, Kasi Turmandu Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Kami menyambut baik kolaborasi ini dengan sangat antusias. Selain idenya yang fresh dan kreatif, kegiatan ini diinisiasi oleh tiga generasi muda Indonesia.”

Inti dari kegiatan ini, ditegaskannya, terkait dengan kepentingan bersama, agar dapat mengajak masyarakat khususnya kaum milenial untuk dapat berlalu lintas dengan baik sehingga selamat di jalan. “Idenya bagus dan pastinya bisa diimplementasikan di kota-kota lain. Kolaborasi ini juga memberikan warna baru dalam usaha mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas yang merupakan salah satu program kerja kami,” lanjutnya.

Angka kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas menempati posisi tertinggi kedua setelah penyakit stroke. Fakta ini sangat mengejutkan kami ketika melakukan riset sebelum merencanakan kegiatan ini. Hal ini semakin menguatkan tekad kami untuk melakukan aksi nyata terkaitnya,” papar Sindhyana, mahasiswi LSPR-Jakarta jurusan Performing Arts Communications Batch 19.

Ditambahkan Syafira Virzi Meidira, mahasiswi LSPR-Jakarta jurusan Performing Art Communications Batch 19, Masyarakat Indonesia saat ini menyukai hiburan. Hal ini membuat kami semakin yakin bahwa pesan yang dikemas dengan seni pertunjukan bisa menghadirkan daya tarik tersendiri untuk didengarkan publik. Seni pertunjukan yang ditampilkan di zebra cross seperti ini belum pernah ada di Jakarta. Kalau di Amerika, ada Crosswalk The Musical by James Corden, namun tujuan pertunjukannya berbeda. Kami juga memilih untuk tampil di zebra cross pada jam sibuk seperti ini agar pesan keselamatan berlalu lintasnya langsung sampai ke para pengguna jalan,” timpalnya.

Yolanda Cenderakasih, mahasiswi LSPR-Jakarta jurusan Performing Arts Communications Batch 19 mengimbuhkan bahwa mereka mendapatkan banyak sekali bantuan dan dukungan untuk menyelenggarakan pertunjukan ini. “Pertunjukan ini didukung oleh beragam relawan. Mulai dari adik kelas, alumni, performers yang sudah aktif di dunia industri, fotografer, videografer, sound engineer Jakarta, serta komunitas peduli lingkungan seperti komunitas Better Jakarta. Mereka membantu seluruh rangkaian pertunjukan ini secara sukarela,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)