MIX.co.id - Demi mendorong digitalisasi pelaku usaha guna mendukung ekosistem usaha yang adaptif di daerah, startup lokal Lummo meluncurkan Lummo Semesta di Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Lummo Semesta merupakan program terintegrasi dari LummoSHOP yang memberikan pendampingan, mentorship, dan pelatihan kepada pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat dalam mengembangkan usaha onlinenya.
Peluncuran Lummo Semesta yang digelar serentak pada pertengahan Maret ini (12/3) di Semarang dan Solo. Di Yogyakarta, peluncuran Lummo Semesta rencananya akan diresmikan pada 13 Maret 2022.
Dituturkan Tri Sukma Anreianno, VP Growth Lummo, “Kami memahami bahwa pelaku usaha membutuhkan lebih dari sekadar solusi teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, pendampingan dan pelatihan usaha yang terintegrasi justru menjadi elemen penting untuk mempercepat onboarding pelaku usaha ke ekosistem digital seiring dengan pertumbuhan transaksi masyarakat secara daring. Kami siap bekerja sama dengan Dinas Koperasi di tingkat provinsi dan kota di Jawa Tengah untuk mengembangkan mendorong kompetensi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Jawa Tengah.”
Saat ini, lanjutnya, Lummo Semesta telah bekerja sama dengan beberapa lembaga dan dinas pemerintahan seperti Disperindag, KADIN, BPOM, MUI, Dinas Koperasi, dan UMKM untuk mendukung daya saing pelaku usaha.
Dengan bergabung di Lummo Semesta, para pelaku usaha dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pengembangan usaha seperti webinar dan kopdar yang diadakan rutin, pendampingan untuk memperoleh kemudahan di berbagai aspek usaha seperti perizinan usaha, pengembangan akses pasar, sertifikasi halal dari MUI, sertifikasi dari BPOM, dan sebagainya.
Lummo Semesta juga melakukan berbagai program pendampingan Lummo Support Partners, yaitu program pendampingan usaha bersama para praktisi berpengalaman, agensi marketing untuk membantu merancang dan menjalankan campaign digital untuk mengembangkan brand, serta dinas dan lembaga pemerintahan untuk mengurus sertifikasi dan perijinan demi meningkatkan kualitas produk dan usaha.
Selain itu, Lummo Semesta juga menghadirkan komunitas online LummoNation, yaitu wadah untuk mengembangkan kapasitas diri dan memperkuat jaringan dengan para pebisnis lainnya.
Ditambahkan Margaritha Mita Dewi Sopa, Kepala Bagian Perekonomian Kota Semarang, sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, UMKM harus adaptif dan lebih siap menghadapi berbagai krisis maupun perubahan lingkungan di masa mendatang.
"Tahun 2022 ini, Indonesia sudah memasuki tahap pemulihan ekonomi yang transformatif, sehingga UMKM harus mampu memanfaatkan berbagai peluang untuk mengembangkan usahanya. Di samping terus memperkuat daya saingnya, UMKM juga harus mampu memahami keunggulan produk dan mempertahankan loyalitas konsumennya," ungkapnya.
Pendampingan seperti yang dilakukan Lummo Semesta ini, ia harapkan dapat mendukung UMKM terus adaptif dan terus berperan dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah. "Semoga UMKM Jawa Tengah dapat terus mendapatkan manfaat dari teknologi LummoSHOP untuk terus mengembangkan bisnisnya," ujarnya.
Sementara itu, LummoSHOP yang merupakan produk unggulan dari Lummo, telah membantu pelaku usaha membuat situs web resmi tokonya melalui www.lummoshop.co.id. Dengan demikian, pelaku usaha dapat mengelola operasional bisnisnya dengan lebih efektif, membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas unik bisnis onlinenya.
Melalui LummoSHOP, pelaku usaha dan pemilik merek dapat memanfaatkan solusi teknologi seperti mengakses riwayat pembelian, pengelolaan basis pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk menganalisa dan menargetkan kembali pelanggan untuk melakukan pembelian.
Fitur lainnya yang membantu optimalisasi bisnis pelaku usaha di antaranya fitur chat commerce untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, integrasi katalog, serta membuat situs web khusus melalui fitur custom domain. Istimewanya, LummoSHOP memiliki fitur manajemen multi-platform, di mana pelaku usaha dan pemilik merek dapat menggunakan solusi perangkat lunak ini sebagai pusat operasional bisnis online, yang memungkinkan mereka mengelola semua pesanan pelanggan dari berbagai platform belanja.
Fandy Silalahi, VP of Community and Merchant Success LummoSHOP, mengatakan, sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Lummo menargetkan mendorong kemajuan lebih dari 10.000 UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online sekaligus bergabung di Lummo Semesta, serta mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendukung operasional usahanya agar lebih efisien.
"Sebelumnya, Lummo Semesta telah mendapatkan antusiasme yang sangat baik di Bandung dan Surabaya, dan telah berhasil menjaring lebih dari 51.000 UMKM sejak diluncurkan akhir 2021 lalu. Peluncuran Lummo Semesta ini diharapkan dapat mereplikasi kesuksesan ini pada UMKM di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi," pungkasnya.