Penjualan produk LED TV di Indonesia mencapai 3,6 juta unit atau Rp 10,9 triliun sepanjang Oktober 2018 hingga September 2019. Pada periode yang sama, kategori smart TV menunjukkan peningkatan kuantitas hingga 52%. Pertumbuhan smart TV seiring dengan tren penggunaan TV sebagai media sosial dan media hiburan, antara lain dalam bentuk streaming dan video on demand.
Potensi pasar itu pun tak dilewatkan Sharp. Berbekal pangsa pasar 22,3% di pasar LED TV, pada penghujung tahun 2019, Sharp Indonesia menambah lini televisi terbarunya dengan mempersembahkan Sharp Android TV dengan Google Assistant. Perpaduan benaman fitur Google Assistant dengan kecanggihan teknologi Sharpitu mampu menghadirkan berbagai pengalaman baru melalui perintah suara yang diarahkan pada remote.
Dijelaskan Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, “Peluncuran Sharp Android TV dengan Google Assistant selaras dengan janji kami untuk menghasilkan lebih banyak produk berteknologi AioT (Artificial Intelligence of Thing) untuk konsumen di Indonesia.”
Saat ini, pangsa pasar Sharp di pasar Smart TV nasional masih 8%. Melalui Sharp Android TV dengan Google Assistant, Andry optimis, dapat memperbesar pangsa pasar televisi di kategori smart TV menjadi 15% atau mencapai 100 ribu unit di tahun 2020. “Artinya, kami ingin menempati peringkat pertama di seluruh kategori TV pada 2020 mendatang,” patoknya.
Dijelaskan Golden Mayanawa, TV Product Strategy PT Sharp Electronics Indonesia, eksklusivitas televisi tipe terbaru ini diperkuat dengan jargon ‘Good Morning to Your New Lifestyle’, yang hadir menyapa konsumennya setiap kali menyalakan televisi di pagi hari. “Dengan perintah suara, Sharp Android TV dengan Google Assistant akan menyapa konsumen dan menginformasikan berbagai hal yang diperlukan untuk memulai hari. Informasi ini termasuk mengecek cuaca, memberitahukan agenda konsumen, membaca berita, hingga memprediksi informasi perjalanan dan waktu tempuh, dan tak terbatas pada informasi lain seputar tontonan, musik, hobi, dan banyak lagi,” paparnya.
Layaknya fitur Google Assistant pada ponsel, penggunaan fitur pada televisi ini pun tak jauh berbeda. Namun, Sharp menjamin bahwa penggunaan fitur Google Assistant melalui televisi justru akan semakin menguntungkan konsumen. Pasalnya, televisi tipe ini telah dilengkapi dengan teknologi Full HD dan 4K di mana tampilan gambar semakin jernih sesuai realita berkat teknologi pengolahan warna dan cahaya dari HDR.
Sharp Android TV dengan Google Assistant dibandrol dengan rentang harga Rp 3,3 juta hingga Rp 6,3 juta untuk ‘BG series (HD dan Full HD)’ dengan ukuran 32 inchidan 50 inchi. Sedangkan untuk ‘BK series (4K)’ ukuran 50 inchi – 70 inchi, harganya dimulai dari Rp 7 juta sampai Rp 20 juta.
“Untuk produk Sharp Android TV ini akan hadir di e-Commerce, modern channel, dan traditional channel. Targetnya, modern channel masih akan berkontribusi besar, 60%. Selanjutnya, e-Commerce 10% dan sisanya 30% dari traditional channel,” tutup Andry.