MIX.co.id - Tokopedia Fashion Market resmi dibuka di Mal Kota Kasablanka pada hari ini (7/2) hingga 11 Februari mendatang. Program tersebut tidak hanya berlangsung secara offline, namun juga dihelat secara online pada 19-29 Februari 2024 di situs maupun aplikasi Tokopedia.
Dituturkan Head of Fashion Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo, pada konferensi pers yang digelar hari ini (7/2), di Jakarta, melalui Tokopedia Fashion Market, Tokopedia memberikan panggung khusus bagi brand fashion lokal untuk meningkatkan awareness hingga penjualan.
“Bersamaan dengan dibukanya Tokopedia Fashion Market secara offline, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’ untuk mempermudah pengunjungmengambil produk yang dibeli melalui toko online penjual, yang membuka booth di bazaar Tokopedia Fashion Market, secara langsung,” lanjutnya.
Lebih jauh ia menegaskan bahwa industri fashion di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, Terbukti, ekonomi kreatif menjadi penyumbang sekitar 7,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Dan industri fashion menempati posisi kedua terbesar penyumbang PDB ekonomi kreatif.
“Di Tokopedia, sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fesyen sepanjang tahun 2023, antara lain Bangkalan (Jawa Timur), Lebak (Banten) dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat,” imbuh Aldhy.
Tingginya permintaan masyarakat akan produk fesyen terlihat dari tren belanja online di Tokopedia yang mencatat bahwa fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris sepanjang tahun 2023. Sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi transaksi produk fesyen melalui Tokopedia, antara lain Raja Ampat (Papua Barat), Yahukimo (Papua Pegunungan), dan Puncak Jaya (Papua Tengah) dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat.
“Data internal Tokopedia mencatat bahwa sejumlah produk mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori Fesyen Wanita, antara lainjam tangan, sandal, dan tas. Sedangkan di kategori Fesyen Pria, yaitu t-shirt, sneakers, dan tas,” ungkap Aldhy.**
Oleh karena itu, untuk mendorong geliat industri fashion Tanah Air, Tokopedia Fashion Market hadir dengan berbagai produk fesyen dan promo. Pengunjung bisa mengakses produk fashion wanita, fashion pria, fashion muslim, dan fashion anak dari brand fashion lokal yang berpartisipasi. “Pengunjung bisa mendapatkan rilisan eksklusif (hanya tersedia di Tokopedia) dari brand fashion lokal yang akan dirilis selama Tokopedia Fashion Market berlangsung, termasuk diskon hingga 90%, flash sale, cashback hingga Rp1.000.000, promo jastip, serta penawaran menarik lain,” papar Aldhy.
Sementara itu, untuk meningkatkan pengalaman belanja, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’ bersamaan dimulainya Tokopedia Fashion Market.“Fitur Tokopedia ‘Ambil di Tempat’ sudah bisa digunakan untuk membeli produk selain fesyen di berbagai pengalaman belanja online to offline (sebaliknya). Dengan adanya fitur ini kami berharap bisa mempermulus pengalaman belanja online to offline (sebaliknya) dan memungkinkan lebih banyak masyarakat merasakan kemudahan bertransaksi lewat ekosistem Tokopedia,” ucap Aldhy.
Pengunjung Tokopedia Fashion Market dapat mengikuti kegiatan menarik di bazar, seperti fashion show, hadiah menarik setiap pembelian kelipatan Rp100.000 lewat program reward card, photo booth, dan lain-lain. Selain bisa membeli beragam produk fesyen dari sederet brand fashion lokal, seperti Benang Jarum, merché, Prepp Studio, dan masih banyak lagi, pengunjung juga bisa mengakses produk kecantikan dan sport apparel dari penjual di Tokopedia yang juga berpartisipasi di bazar Tokopedia Fashion Market.
Pada kesempatan yang sama, Kanya Trihapsari, Co-Founder Benang Jarum, “Benang Jarum memiliki 24 gerai offline dan memberdayakan penjahit lokal serta karyawan yang didominasi perempuan.Walau telah memiliki puluhan gerai offline, kami sadar peran platform teknologi seperti Tokopedia sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Kami bergabung dengan Tokopedia sejak awal tahun 2023 untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sejak bergabung dengan Tokopedia, penjualan Benang Jarum naik 60%. Dan di Tokopedia Fashion Market, Benang Jarum menghadirkan special deals, seperti harga flat mulai dari Rp 150.000 dan diskon hingga 70%.”
Sementara itu, Head of Marketing merché, Zein Witriandani, mengatakan, “Dengan memaksimalkan fitur dan aktivasi bersama Tokopedia, merché berhasil meningkatkan GMV sebesar lebih dari 300%. Pada Tokopedia Fashion Market, merché menghadirkan dua tas best selling dan viral, yaitu Alice Tote Bag dan Bree Backpack, serta berbagai penawaran menarik seperti diskon 50%, voucher Rp20.000 dan special price Rp 100.000 di jam-jam tertentu.”
Selanjutnya, Co-founder Prepp Studio Satria Adiyasa menuturkan, “Kami bergabung di Tokopedia sejak 2022. Berkat ikut kampanye dan memanfaatkan analisis pasar dari Tokopedia, pada tahun 2023, Tokopedia berkontribusi 60% dari total penjualan Prepp Studio. Angka ini mendominasi jika dibandingkan kanal penjualan lain. Dan di Tokopedia Fashion Market, Prepp Studio menghadirkan produk yang belum pernah ditawarkan sebelumnya dengan penawaran menarik, seperti flash sale dan diskon hingga 70%.”