Luncurkan MAP EMALL.com, MAP Gandeng Standard Chartered

MAP EMALL

Setelah jaringan ritel Matahari milik Lippo Group meluncurkan layanan belanja online-nya lewat Mataharimall.com, hari ini (18/2) giliran jaringan ritel MAP (Mitra Adi Perkasa) Group merilis MAP EMALL.com. Jika Mataharimall.com mengusung konsep marketplace, maka MAP EMALL.com eksklusif menjual lebih dari 150 merek global yang selama ini berada di bawah payung MAP Group.

Langkah dua jaringan ritel raksasa itu memasuki pasar e-Commerce cukup dimaklumi. Mengingat, pasa e-Commerce di Tanah Air terus tumbuh tiap tahunnya. Kemeterian Komunikasi dan Informatika Indonesia memprediksi bahwa nilai bisnis di industri e-Commerce akan mencapai US$ 24 miliar pada tahun 2016 ini. Nilai tersebut diprediksi akan meningkat menjadi US$ 130 miliar pada tahun 2020.

Sementara itu, Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) memperkirakan pertumbuhan kelas menengah Indonesia akan mendorong pertumbuhan jumlah online shoppers di Indonesia. Yakni, menjadi 10 juta orang pada tahun 2015, dengan transaksi hingga Rp 20 triliun atau US$ 1,49 miliar secara online.

Dijelaskan VP Sharma, Chief Executive Officer MAP Group, “Sebenarnya, untuk e-Commerce, MAP sudah memulainya melalui online shopping planetsport.net. Tahun ini, hari ini (18/2), kami memutuskan untuk meluncurkan MAP EMALL.com. Melalui situs tersebut, pelanggan kami di Indonesia dapat mengakses secara online gaya terkini dan pilihan merek yang luas dari seluruh dunia. Termasuk, berbelanja online tanpa khawatir dengan keasliannya.”

Serupa seperti di 2.000 gerai fisik MAP yang tersebar di lebih dari 60 kota di Indonesia, MAP EMALL.com juga akan menawarkan 20 ribu SKU dari merek-merek internasional yang sudah akrab dengan kelas menengah atas Indonesia. Sebut saja, Marks & Sepencer, Lacoste, Mango, New Ballance, Zara, Nike, Adidas, Reebok, Converse, dan sebagainya. Dengan demikian, MAP EMALL.com memposisikan diri sebagai destinasi belanja online dengan pilihan merek-merek internasional terlengkap.

Sejumlah strategi dilancarkan MAP EMALL.com di tahun ini. Pertama, pada saat peluncuran ini, MAP EMALL.com menggandeng Standard Chartered Bank sebagai mitra strategisnya. Dengan kerja sama itu, Standard Charetered menjadi mitra kartu kredit eksklusif untuk pembayaran di MAP EMALL.com. Sementara itu, untuk alternatif pembayaran lainnya dapat dilakukan lewat transfer dari bebagai bank dan Cash on Delivery (COD),” lanjut Sharma.

Ditambahkan Shee Tse Koon, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, pada kesempatan kerja sama itu, Standard Chartered akan memberikan produk dan layanan dengan kualitas terbaik untuk para pelanggan MAP EMALL.com—seperti halnya yang sudah dilakukan kepada pelanggan lainnya.

“Selama lebih dari 150 tahun sejak pertama kali berdiri di tahun 1863, kami terus memperkenalkan berbagai produk-produk first-in-market serta menyediakan berbagai kebutuhan tidak hanya untuk pelanggan kami tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara luas. Contohnya, Standard Chartered telah memperkenalkan mesin ATM dengan fitur khusus untuk penderita tunanetra, hingga aplikasi perbankan mobile Breeze,” tutur Shee Tse Koon.

Strategi kedua adalah MAP menggandeng Ayla Dimitri, salah satu fashion blogger dan gaya hidup sebagai Content Conceptor MAP EMALL.com. Ayla bertugas untuk mengembangkan beragam konten informasi serta panduan inspiratif terkait fashion dan gaya hidup. Konten informasi dan panduan inspiratif tersebut akan dihadirkan dalam bentuk blog dan lookbook, yang akan diluncurkan pada pada kuartal ketiga tahun ini. “Baik social media dan konten tersebut akan terintegrasi di e-Commerce MAP EMALL.com,” lanjut Sharma.

Strategi ketiga, MAP EMALL.com akan memanfaatkan social media seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan Twitter untuk menggelar kampanye komunikasinya. “Salah satu kampanye yang akan kami hadirkan adalah tagar atau hastag Hypening. Tagar ini ditujukan untuk mempermudah pengguna menemukan tren yang tengah digemari serta informasi lebih detil terkait tren fashion dan lifestyle,” ujar Ayla.

Strategi keempat, MAP EMALL.com akan mengoptimalkan konsep bisnis Online-to-Offline (O2O)--yang notabene sudah lebih dulu dilakoni oleh Mataharimall.com. Saat ini, MAP EMALL.com sudah mulai melibatkan beberapa gerainya dan akan mengaktifkan basis Omi-Channell dengan perluasan ke jaringan lokasi yang selama ini dimiliki MAP.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)