Luncurkan TRIBE, Upaya XL Menantang Netflix?

TRIBE Tak hanya di luar negeri, di Indonesia minat menonton video streaming juga terus meningkat. Hal itu ditandai dengan tingginya para penggemar Netflix di Indonesia. Salah satunya penggemar Netflix yang menggunakan layanan XL, jumlahnya terhitung sangat signifikan. Terbukti, paska tiga hari peluncuran Netflix di Indonesia, jumlah pelanggan XL yang menggunakan layanan Netflix mencapai 10 ribu per hari. Sementara itu, setelah seminggu peluncuran Netflix, jumlah pelanggan XL yang menggunakan layanan Netflix mencapai 5 ribu per hari. Dan, per harinya, rata-rata setiap pelanggan XL yang menggunakan layanan Netflix menghabiskan 800 Megabyte. Tingginya para penggemar video streaming rupanya dibarengi juga dengan tinggnya minat audience Indonesia terhadap konten video. Merujuk data Consumer Barometer 2015 (Local Report), ternyata lima dari sepuluh konsumen Indonesia menonton video online di smartphone mereka. Sementara itu, 86% orang Indonesia menonton video online di rumah. Dan, salah satu alasan mereka menonton video online adalah untuk relaksasi (61%) serta hiburan (57%). Berangkat dari fakta itulah, hari ini (18/3) XL merilis layanan video streaming, TRIBE. Dikatakan Dian Siswarini, Presiden Direktur XL, trend masyarakat Indonesia dalam menikmati video streaming untuk berbagai keperluan, terutama hiburan, memang akan terus meningkat. “Hal itu dapat dipahami, mengingat layanan video baru akan bisa dinikmati jika tersedia koneksi internet yang cepat dan stabil. TRIBE merupakan layanan dari XL yang menjawab kebutuhan masyarakat tersebut,” katanya. Ia menambahkan, visi XL meluncurkan layanan Tribe adalah untuk menyediakan layanan entertainment berkualitas kepada para penggunananya. Dengan dukungan jaringan XL 4G LTE berkecepatan tinggi, kini kebutuhan pelanggan dan masyarakat untuk bisa menyaksikan tayangan film, serial, dan siaran olahraga bermutu kapan saja dan di mana saja bisa terpuaskan secara terjangkau. Melalui TRIBE, XL juga ingin berpatisipasi untuk memajukan industri film nasional. Seperti ingin menantang sang incumbent, Netflix, saat ini Tribe menyediakan konten film yang cukup lengkap dengan genre horor, action, maupun drama. Selain film Barat, juga tersedia film-film Asia, antara lain dari Korea, Asia, termasuk film Indonesia terbaru. Selain film, ada juga layanan siaran dari saluran Oh!K TV dan Channel M dari Korea. TRIBE juga menyediakan layanan siaran langsung olahraga seperti Bundesliga, Eredivisie Liga Belanda, MotoGP, Formula 1, dan kejuaraan Bulutangkis BWF Championship Series. Dalam penyediaan aneka konten tersebut, Dian mengaku, XL bekerja sama dengan beberapa rumah produksi besar sebagai penyedia film. Termasuk, dengan Oh!K, Channel M, dan FOX Sport untuk siaran langsung drama Korea dan siaran langsung olahraga. Sejumlah upaya dilakukan XL agar konsumen, termasuk para penggemar Netflix, mau mencoba layanan TRIBE. Di antaranya, XL menaarkan trial gratis selama 30 hari pertama dengan mengaktifkan langganan TRIBE lewat aplikasi MyXL. Selanjutnya, mengunduh aplikasi TRIBE di Google Play Store atau iTunes App Store. “Masyarakat luas siapa saja bisa mengunduh aplikasi TRIBE. Namun, untuk berlangganan dan menonton konten yang disajikan harus menggunakan nomor XL dan membayar dengan pulsa XL,” lanjut Dian, yang menyebutkan bahwa XL telah menyediakan layanan 4G LTE sehingga bisa menyediakan layanan internet yang cepat dan stabil, yang bisa menjamin kualitas layanan video streaming Tribe. Tak hanya iming-iming promo dan kualitas layanan, XL juga melakuakn kampanye bertajuk “TRIBE Festival” demi mengkomunikasikan TRIBE. Program TRIBE Festival yang digelar pada 18 – 20 Maret 2016 di Laguna Atrium, Central Park Mall, Jakarta itu menghadirkan serangkaian kegiatan yang mendukung peluncuran aplikasi TRIBE. Pada TRIBE Festival, para pengunjung yang hadir akan mendapatkan sajian hiburan dan permainan yang seru dari sejumlah bintang tamu. Para bintang tersebut antara lain Isyana Sararvati, Yura Yunita, dan Hivi. Bahkan, akan ada penampilan spesial dari Lee Jeong Hoon untuk para pencinta drama korea. Ada pula acara workshop film bersama sutradara kondang Joko Anwar dan Angga Sasongko. Bagi penggemar olahraga, ada permainan seru bersama pembalap Alexandra Asmasoebrata dan pemain Timnas Sepakbola Syamsir Alam. “Secara strategi bisnis, peluncuran TRIBE merupakan bagian dari agenda transformasi yang masih terus XL jalankan sejak tahun lalu, di mana XL akan berfokus mengembangkan layanan 4G LTE di tahun 2016. Salah satu targetnya, yaitu menciptakan peluang pertumbuhan bisnis baru lewat re-invent. Peluang-peluang baru tersebut berbasis pada teknologi digital, melalui pemanfaatan layanan internet cepat 4G LTE,” tutup Dian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)