MatahariMall.com dan Kemendag Selenggarakan UKM Super di Padang

 

Perusahaanritel online MatahariMall.com menggaungkan program Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Super di Padang, Sumatera Barat bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memberdayakan pelaku UKM lokal guna mengembangkan bisnisnya serta merambah pasardigital.

Head of Communications and Partnership MatahariMall.com Alvin Aulia Akbar menjelaskan, UKM Super merupakan sebuah program pemberdayaan bagi pelaku bisnis lokal yang berkelanjutan. Program ini dikemas dalam pembekalan teknis serta endampingan dalam rangka penguatan produk untuk meningkatkan daya saing serta optimalisasi praktik pemasaran digital.

Secara khusus, dengan memodernisasi seluruh proses operasionalnya, dari produksi, branding, lisensi, hingga pengemasan, bisnis UKM lokal diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga dapat lebih maju untuk kemudian memanfaatkan platform digital dalam memperluas jangkauan pemasaran ke seluruh wilayah Indonesia.

Kami melihat Padang sebagai kota yang sangat menarik. Komoditas produk yang dihasilkan UKM lokal sangat beragam, mulai produk industri makanan hingga produk fashion berupa kerajinan tangan. Tingginya permintaan pasar tentu menjadi sebuah peluang untuk melakukan penetrasi pasar yang lebih tinggi pula,” kata Alvin di Padang, Kamis (23/3).

Melalui program UKM Super, pihaknya siap untuk membantu pelaku UKM lokal untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan yang tepat guna melebarkan jangkauan usaha mereka melalui jalur digital. MatahariMall.com membekali pelaku UKM dengan beragam materi pembelajaran bisnis online untuk membantu meningkatkan kualitas, daya saing, dan juga jangkauan mereka tak hanya di pasar lokal, tapi juga nasional. Kegiatan ini sudah berjalan selama dua tahun.

Sementara Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno memaparkan, perekonomian di wilayahnya masih ditopang oleh UKM terutama di bidang perdagangan yang memiliki potensi pertumbuhan luar biasa. “Tentunya kami ingin agar pertumbuhan ini bukan hanya dari segi produksi, namun juga jangkauan pemasaran. Untuk itu, bersama Kemendag, kami menggandeng MatahariMall.com untuk mengedukasi pelaku UKM agar mampu memperluas jaringan pemasaran ke ranah digital,” ujarnya.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar memprioritaskan empat sektor pembangunan ekonomi Sumbar periode 2016-2020 yang mendominasi kegiatan ekonomi setempat, yakni pertanian, perdagangan dan pariwisata, serta UKM. UKM sebagai salah satu sektor pembangunan ekonomi, tahun lalu menyumbangkan kontribusi positif sebesar 4% terhadap ekonomi Sumbar. (W Setiawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)