MIX.co.id - Data Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa jumlah usaha restoran, rumah makan dan café di Kabupaten Bekasi meningkat signifikan dalam tiga tahun terakhir, yakni dari sebelumnya 200 pada 2019, menjadi 981 pada 2021. Data tersebut sejalan dengan restoran makanan cepat saji McDonald’s yang juga berencana menambah gerai barunya di area komersial Cikarang International City (CINITY), Kabupaten Bekasi.
Sebagai pusat area komersial dan residensial, CINITY dikembangkan di atas total lahan seluas 500 hektar untuk memenuhi kebutuhan hunian masyarakat urban di masa mendatang. Hadirnya McDonald’s di CINITY menguatkan komitmen Sri Pertiwi Sejati (SPS) Group untuk mengembangkan kawasan komersial tersebut sebagai The Biggest Shopping Tourism, sebuah pusat wisata belanja terbesar yang menghadirkan berbagai pusat culinary, fashion & retail, lifestyle, dan entertainment di dalam satu kawasan.
Sebagai bagian dari fase awal pengembangan CINITY, SPS Group melakukan Groundbreaking gerai McDonald’s bersama PT Rekso Nasional Food (McDonald’s Indonesia) pada akhir Mei lalu di Cikarang, Bekasi. Groundbreaking tersebut dihadiri oleh Founder PT Sri Pertiwi Sejati (CINITY) Asmat Amin, CEO CINITY Ming Liang, Direktur Operasional PT Sri Pertiwi Sejati (CINITY) Agus Supriyadi, dan Director of Store Development Group McDonald's Indonesia Ratna Wirahadikusumah.
Gerai McDonald’s akan berdiri di lahan seluas 450 meter persegi, terletak strategis di area komersial Big Box CINITY. Sebelumnya, McDonald’s sudah membuka dua gerainya di zona industri yang ada di Cikarang. Kali ini, waralaba internasional tersebut membuka gerai pertamanya yang berada di zona pemukiman Cikarang, yakni di CINITY.
Diungkapkan CEO CINITY Ming Liang, hadirnya brand-brand ternama di CINITY akan berdampak besar bagi Kabupaten Bekasi, terutama pariwisata dan ekonomi. Bergabungnya McDonald’s di CINITY menjadi bukti bahwa adanya peluang investasi yang tinggi. Minimnya area komersial di Cikarang membuat SPS Group yakin bahwa menjadikan CINITY sebagai The Biggest Shopping Tourism adalah langkah yang tepat.
“Kami berharap setelah brand ternama ini berdiri, maka dampak ekonomi akan terus terasa dan semakin menunjukan eksistensi CINITY sebagai Kota Wisata Belanja. Ke depannya, brand ternama yang lain akan segera bergabung. Saat ini, kami masih melakukan seleksi terhadap brand-brand yang ingin bergabung ke CINITY disesuaikan dengan kebutuhan market,” kata Ming Liang.
Menurutunya, semakin banyaknya investasi yang masuk ke CINITY, maka akan memberikan multiplier effect pada banyak entitas bisnis, termasuk dapat menciptakaan lapangan pekerjaan serta pertumbuhan dan pendapatan ekonomi daerah Kabupaten Bekasi.
Ditambahkan Associate Director Store Development Group McDonald’s Indonesia Erik Marino melalui keterangan resminya, alasan McDonald’s Indonesia yakin membuka gerainya di CINITY karena terdapat potensi lokasi yang menjanjikan sesuai dengan assessment dari McDonald’s. Dengan demikian, CINITY memang menjadi salah satu kawasan di Kabupaten Bekasi yang sangat berpotensi untuk dikembangkan gerai baru McDonald’s Indonesia.
“Konsep gerai McDonald’s di CINITY adalah free standing drive thru dan stand alone (berdiri sendiri) dengan memiliki beberapa fasilitas, di antaranya area parkir, SOK (Self Ordering Kiosk), free wifi, birthday party, playland, serta buka dalam 24 jam. Kami pun berharap terdapat simbiosis mutualisme dengan tenant yang akan berdiri di dalamnya dan CINITY akan terus berkembang bersamaan dengan tenant-tenant yang bergabung,” papar Erik.
Sementara itu, Ming Liang menegaskan bahwa gerai McDonald’s CINITY siap dibuka pada kuartal keempat (Q4) 2023. CINITY memilih McDonald’s sebagai tenant pertama untuk bergabung ke CINITY karena merupakan restoran cepat saji terbesar di Indonesia bahkan dunia serta eksistensi McDonald's yang dikenal dan dikonsumsi oleh seluruh kalangan dengan mutu dan kualitasnya, diharapkan dapat menarik antusisme masyarakat.
Selain pembangunan gerai McDonald’s di area Big Box, saat ini CINITY sedang dalam proses pengembangan area komersial lainnya yang berada strategis di main bouleverd bernama The Urban Hub, berupa ruko 3 lantai. Saat ini, CINITY tengah menyediakan 71 tenant untuk dapat bergabung di The Urban Hub yang lokasinya berhadapan dengan Thematic Shopping Street sepanjang 7km.
Sementara itu, Thematic Shopping Street merupakan area komersial dengan mengusung konsep international themed cluster yang di dalamnya terdapat Japanese Promenade, London Promenade, Korean Promenade, dan Moroccan Promenade. Selain itu, terdapat juga Hub 9 sebagai tempat hangout dan meeting point terbaru dengan konsep ruang terbuka hijau yang akan menjadi lifestyle center bagi masyarakat urban Cikarang. Kemudian pembangunan cluster Premier Lake Residence di area residensial yang merupakan hunian asri modern bernuansa danau di kawasan CINITY juga sedang gencar dipasarkan.